Omicron Merajalela, Gubernur Khofifah Berharap Vaksin Merah Putih Jadi Solusi

Selasa, 01 Februari 2022 – 05:30 WIB
Omicron Merajalela, Gubernur Khofifah Berharap Vaksin Merah Putih Jadi Solusi - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto : Humas Pemprob Jatim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Vaksin Merah Putih bakal diuji klinik tahap pertama pada 9 Februari 2022. Vaksin itu diharapkan dapat berkontribusi dalam penanganan penyebaran varian Omicron.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengutarakan berdasarkan update situasi dari WHO, ditemukan adanya lonjakan kasus mencapai lebih dari 80 persen yang disebabkan varian Omicron.

Varian Omicron juga menunjukkan sekitar lima kali lebih tinggi risiko terinfeksi kembali bila dibandingkan varian Delta. 

Pemberian vaksin booster di negara-negara maju terbukti efektif mengurangi angka rawat inap di rumah sakit sebesar 89 persen.

"Oleh karena itu, kami sangat berharap Vaksin Merah Putih bisa menjadi kandidat vaccine booster di Indonesia," kata dia, Senin (31/1).

Perempuan yang juga Ketua Ikatan Alumni Airlangga (IKA) Unair mengutarakan BPOM telah memberikan izin Vaksin Merah Putih. 

Pada tahap uji klinik tahap pertama, Vaksin Merah Putih bakal disuntikkan kepada 90 sukarelawan berusia minimal 18 tahun di RSU dr Soetomo Surabaya. Mereka sebelumnya juga dipastikan belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis satu dan dua 

"Semoga semua berjalan lancar, tidak ada kendala berarti dalam pengembangan vaksin karya anak bangsa ini," ujar Khofifah.

Vaksin Merah Putih diharapkan segera bisa membantu penanganan kasus Omicron yang kian melonjak.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News