Sempat Sakit, Begini Kondisi Gajah Betina KBS Surabaya

Kamis, 20 Januari 2022 – 12:42 WIB
Sempat Sakit, Begini Kondisi Gajah Betina KBS Surabaya - JPNN.com Jatim
Kondisi gajah betina bernama Manis milik KBS setelah dilaporkan sakit. (Foto: Humas BBKSDA Jawa Timur)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - BBKSDA Jawa Timur menerima laporan dari tim medis PDTS Kebun Binatang Surabaya (KBS) terkait dengan kondisi gajah betina bernama Manis (50) yang mengalami sakit pada Kamis (13/1).

Kasubbag Data Evlap dan Humas Balai Besar KSDA Jawa Timur, Gatut Panggah mengatakan kondisi kesehatan gajah Manis dilaporkan sakit dengan gejala awal berupa nafsu makan menurun.

"Sehingga memilih-milih makanan, terdapat bintil merah kecil, rongga mulut pucat, suhu tubuh 35,9 derajat celsius, pergerakan lesu, dan hanya minum sedikit," kata Gatut, Rabu (19/1).

Gatut menjelaskan penanganan awal yang telah dilakukan oleh Tim Medis PDTS KBS, antara lain, pemberian vitamin penambah darah, vitamin C, dan makanan tambahan berupa batang pisang, buah-buahan, daun palem, dan gula.

"Penanganan terhadap gajah Manis dilaksanakan secara intensif. Pengamatan dilakukan oleh tim medis PDTS KBS. Di samping itu, kandang gajah Manis terdapat CCTV yang membantu dalam observasi," jelasnya.

Gatut menyampaikan pada Minggu (16/1), gajah Manis sudah menunjukkan kondisi normal, mulai melakukan exercise dan nafsu makan berangsur membaik.

"Hasil laboratorium normal dan tidak terdampak virus. Penurunan trombosit juga sudah normal setelah dilakukan pemberian infus dan obat-obatan," ungkapnya.

Di menjelaskan perawatan hewan dilakukan secara intensif oleh dokter hewan KBS, dipantau perkembangan serta penanganannya oleh Balai Besar KSDA Jawa Timur.

Kondisi gajah betina manis milik KBS Surabaya sudah membaik setelah sempat dinyatakan sakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News