2 Warga Malang Terkonfirmasi Varian Omicron, Ada Lockdown?

Minggu, 16 Januari 2022 – 22:48 WIB
2 Warga Malang Terkonfirmasi Varian Omicron, Ada Lockdown? - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) pada saat melakukan rapat terbatas di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (16/1/2022). (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

jatim.jpnn.com, MALANG - Dua kasus konfirmasi varian Omicron terdeteksi di RT 02/RW 10 Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan pemberlakuan PPKM mikro di lingkungan tersebut.

Khofifah menegaskan Pemprov Jatim ingin memastikan penanganan Covid-19 berjalan sesuai dengan prosedur.

"Informasinya, ada desa di Kabupaten Malang dilakukan lockdown karena kasus konfirmasi varian Omicron. Jadi, tidak ada lockdown, yang ada PPKM berbasis mikro pada RT 02/10 di Desa Banjararum," kata dia.

Dia menjelaskan dalam upaya untuk mengantisipasi adanya penyebaran varian Omicron tersebut, Pemprov Jawa Timur bersama pemda telah melakukan sejumlah persiapan sejak November 2021.

Langkah antisipasi tersebut, di antaranya, menyiagakan berbagai fasilitas isolasi terpadu (isoter) yang ada di seluruh wilayah Jawa Timur, serta menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) dan peralatan perawatan pasien Covid-19.

"Itu kewaspadaan dengan berbagai perencanaan strategis. Satu bahwa isoter tetap harus dihidupkan dengan berbagai perangkat. Semua disiagakan," ujarnya.

Khofifah juga menjelaskan pasien terkonfirmasi positif varian Omicron tersebut saat ini telah menjalani perawatan di fasilitas isoter milik Pemkab Malang, tepatnya Kecamatan Kepanjen.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang pun telah melakukan tracing dan ditemukan 20 kontak erat pasien.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa angkat bicara soal kabar lockdown di Malang menyusul kasus konfirmasi varian Omicron.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News