Gawat, Terdeteksi 7 Kasus Baru Varian Omicron di Jatim, Masyarakat Simak Imbauan Berikut

Minggu, 16 Januari 2022 – 14:26 WIB
Gawat, Terdeteksi 7 Kasus Baru Varian Omicron di Jatim, Masyarakat Simak Imbauan Berikut - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas kesehatan Jawa Timur, Dr. Erwin Astha Triyono. (Foto: Tangkapan layar konferensi pers Dinkes Jatim lewat zoom)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemprov Jawa Timur  kembali mendeteksi tujuh pasien konfirmasi varian Omicron. Dengan demikian, per hari Jum'at (14/01), ada delapan kasus konfirmasi varian Omicron di Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dr. Erwin Astha Triyono mengatakan konfirmasi tujuh pasien baru itu merupakan hasil pemeriksaan sampel whole genome sequencing (WGS). 

"Pemeriksaan dari delapan belas total sampel yang dikirimkan ke Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair). Hasilnya, keluar pada 14 Januari 2022," ujarnya, Minggu (16/1) 

Lima pasien di antaranya berasal dari Surabaya, antara lain, TGO (4), FP (32), AR (4), QIZ (2), dan FI (61). Lalu, seorang warga Kota Malang, yaitu MA (40) dan satu orang dari Kabupaten Malang, yakni LI (29).

"Dari delapan pasien yang terkonfirmasi positif Omicron. Tiga orang sudah dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali hasil PCR negatif sehingga saat ini tinggal lima pasien aktif," jelasnya.

Erwin memerinci satu pasien di antaranya kini menjalani perawatan di tempat isolasi terpusat (isoter) dan empat lainnya melakukan isolasi mandiri dengan telemedicine. Seluruh pasien hanya mengalami gejala ringan atau tanpa gejala.

Dia pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan sementara tidak melakukan perjalanan ke luar daerah jika tak ada keperluan mendesak. Selain itu, protokol kesehatan 6M diharapkan tetap dijalankan secara disiplin. 

"Dan yang tidak kalah penting adalah percepatan vaksinasi dosis lengkap bagi seluruh masyarakat. Vaksinasi anak usia 6-11 tahun serta booster yang diprioritaskan bagi lansia dan masyarakat rentan," ungkap Dr Erwin. (mcr23/jpnn) 

Dinkes Jatim mengumumkan tujuh kasus baru varian Omicron. Begini selengkapnya.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News