Tim SAR Pasang CCTV di Kawasan Gunung Semeru Pantau Banjir Lahar Untuk Mitigasi Bencana

Senin, 10 Januari 2022 – 15:49 WIB
Tim SAR Pasang CCTV di Kawasan Gunung Semeru Pantau Banjir Lahar Untuk Mitigasi Bencana - JPNN.com Jatim
CCTV yang akan dipasang di kawasan Gunung Semeru untuk memantau banjir lahar sebagai peringatan dini apabila terjadi bencana. Foto: Dok. SAR Surabaya

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pembina SAR Surabaya Saiful Hasan mengungkapkan pihaknya baru memasang instrumen CCTV yang khusus memantau banjir lahar hujan di Gunung Semeru.

Dia mengakui hingga bencana erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu, alat tersebut belum tersedia di lokasi terdampak. 

Selanjutnya, SAR Surabaya bakal memasang alat tersebut di beberapa titik untuk sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) bagi masyarakat setempat.

EWS pemantauan banjir lahar hujan Semeru terdiri atas dua tower. Tingginya masing-masing 20 meter dilengkapi tiga CCTV khusus jarak jauh beserta solar panel dan PTP transmission unit yang ditempatkan di daerah hulu. 

"Satu tower base station dan monitoring di Kajar Kuning. Satu monitoring di Sumbersari Pronojiwo," ujar Saiful tertulis, Senin (10/1).

CCTV EWS juga dilengkapi satu Radio Pancar Ulang di Kebon Agung Sumberwuluh yang berfungsi memaksimalkan komunikasi frekuensi HT dari daerah hulu sampai hilir.

Para sukarelawan lokal yang merupakan penduduk dari beberapa desa di sepanjang kanal lahar Besuk Konolan akan dilengkapi dengan perangkat HT tersebut.

“Agar informasi pemantauan Semeru tersampaikan dengan cepat dan luas,” kata dia.

CCTV dipasang di kawasan Gunung Semeru untuk peringatan dini memantau banjir lahar
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News