Pekerja Migran Tiba Januari 2021, RSDL Bangkalan Ditunjuk Jadi Alternatif Tempat Karantina

Jumat, 31 Desember 2021 – 09:59 WIB
Pekerja Migran Tiba Januari 2021, RSDL Bangkalan Ditunjuk Jadi Alternatif Tempat Karantina - JPNN.com Jatim
Rapat koordinasi yang diikuti para nakes dan relawan RSDL menjelang kepulangan PMI. (Foto: Dok Humas RSDL)

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Pemprov Jatim menyiapkan tempat karantina cadangan bagi pekerja migran Indonesia (PMI) di Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Bangkalan dan Asrama Marinir Surabaya.

Kesdam V Brawijaya Mayor CKM Bambang Eko Prasetyo menerangkan pada Januari nanti bakal ada 5.000 PMI yang kembali ke Tanah Air. 

Nantinya, pekerja migran yang tiba melalui Bandara Juanda bakal diarahkan ke lokasi isolasi terpadu (isoter) maupun isolasi mandiri (isoman).

Dalam rapat koordinasi pada Kamis (20/12), RSDL Bangkalan pun ditunjuk sebagai alternatif tempat karantina ataupun isolasi. 

Pada kesempatan itu, Bambang memastikan SDM di RSDL siap, baik tenaga dokter, perawat, apoteker, analis, maupun sukarelawan pendamping. Dia juga menyatakan ketersediaan sarana prasarana, unit penunjang, tenaga kebersihan, dan keamanan. 

"Setelah tiga bulan tanpa pasien, semua petugas sudah pada kondisi siaga. Mereka bertugas sesua tupoksi seperti halnya saat RSDL Bangkalan beroperasi. Semua diharapkan saling berkoordinasi dan menjaga kekompakan," ujarnya.

Bambang menegaskan semua personel maupun fasilitas RSDL Bangkalan sudah siap untuk didayagunakan sewaktu-waktu, khusus menghadapi kedatangan PMI mulai Januari mendatang.

"Saat ini kapasitas RSDL Bangkalan berjumlah 242 bed dan bisa ditingkatkan menjadi 400-500 tempat tidur sesuai kebutuhan dan kondisi," tandasnya. (mcr23/jpnn)

RSDL Bangkalan mejadi tempat cadangan atau alternatif karantina maupun isolasi bagi pekerja migran Indonesia.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News