Penerbangan Internasional di Bandara Juanda Bakal Dibuka, Kemenhub Cek Kesiapan Tempat Isolasi 

Senin, 27 Desember 2021 – 05:48 WIB
Penerbangan Internasional di Bandara Juanda Bakal Dibuka, Kemenhub Cek Kesiapan Tempat Isolasi  - JPNN.com Jatim
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan Asrama Haji untuk menjadi tempat karantian PMI dan non-PMI. (Foto: Ardini Pramitha)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Firman Santyabudi meninjau kesiapan sejumlah tempat yang akan menjadi persinggahan para penumpang luar negeri pada Minggu (26/12).

Kegiatan kunjungan kali tersebut meliputi pengecekan prokes dan kegiatan vaksinasi di Bandara Internasional Juanda, Terminal Purabaya hingga meninjau beberapa fasilitas karantina Covid-19 di Asrama Haji Sukolilo. 

Budi menjelaskan pihaknya ditugaskan untuk melakukan asesmen terhadap kesiapan Surabaya untuk menerima kedatangan pekerja migran Indonesia (PMI).

"Surabaya dan sekitarnya menjadi tempat yang nyaman karena sebagian besar 30 persen PMI berasal dari Jatim, Jateng, dan NTB yang mungkin lebih tertarik (berlabuh,red) ke Bandara Juanda," ujarnya.

Dia menerangkan setiap hari, Bandara Soekarno Hatta Jakarta kini sudah menerima lebih dari 3.000 penumpang umum dan 1.500 orang PMI. Oleh karenanya, Bandara Juanda kemudian menjadi dipilih menjadi pelabuhan udara alternatif dan sudah dilakukan asesmen dengan cukup baik.

"Koordinasi dengan Pangdam dan Kapolda Jatim sudah baik. Persiapannya juga baik bersama dinkes. Saya pikir nanti bisa berkoordinasi dengan apa yang sudah dilakukan di Bandara Soetta," jelasnya.

Mengenai tempat karantina, lanjut Budi, memang ada beberapa kualifikasi yang sudah disampaikan dari Kementerian Kesehatan sambil melakukan evaluasi tentang varian baru Omicron.

Budi memaparkan Pemprov Jatim sepakat untuk menyediakan 1.500 kamar untuk isolasi PMI dan non-PMI. 

Menhub melakukan kunjungan di Surabaya, apa hasilnya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News