Lomba Geoteknik Mahasiswa Tingkat Nasional ke-7 di ITS, ITB Raih Juara 1

Senin, 29 November 2021 – 16:16 WIB
Lomba Geoteknik Mahasiswa Tingkat Nasional ke-7 di ITS, ITB Raih Juara 1 - JPNN.com Jatim
Tim Kuya BeiFong ITB yang meraih juara satu dalam Lomba Geoteknik Mahasiswa yang diselenggarakan kampus ITS. Foto: Humas ITS

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Lomba Geoteknik Mahasiswa Tingkat Nasional dilaksanakan kembali untuk ketujuh kalinya. Kali ini, dilakukan secara daring di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, 25-28 November 2021.

Lomba tersebut bekerja sama dengan Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI) dan PT Teknindo Geosistem Unggul.

Direktur PT Teknindo Geosistem Unggul, Wahyu P Kuswanda mengatakan tujuan digelarnya lomba itu untuk mengenalkan secara dini pekerjaan geoteknik kepada mahasiswa.

"Kami ingin melahirkan bibit-bibit unggul ahli geoteknik yang masih sangat dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," ujar Wahyu.

Wahyu selaku ketua dewan juri menyebut lomba kali ini diikuti 40 tim yang berasal dari 20 perguruan tinggi di Indonesia.

Dari babak penyisihan, terpilih sepuluh tim yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB), ITS, Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Tarumanegara (UNTAR), dan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

"Tema yang dilombakan, yakni perancangan perbaikan kelongsoran tanggul lumpur Sidoarjo. Para finalis melakukan analisis teknis penyebab kelongsoran," jelas dia.

Kemudian, merancang teknis perbaikannya, membuat gambar teknis, merencanakan jadwal pelaksanaan, dan menganggarkan biayanya.

ITB berhasil menjuarai lomba geotiknik mahasiswa tingkat nasional di ITS