Pemerintah Siapkan 70 Hektare Lahan untuk Relokasi Rumah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 14 Desember 2021 – 14:21 WIB
Pemerintah Siapkan 70 Hektare Lahan untuk Relokasi Rumah Terdampak Erupsi Gunung Semeru - JPNN.com Jatim
Rumah warga yang terdampak bencana Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Foto: Ridho Abdullah/jpnn.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pemerintah menyiapkan lahan seluas 70 hektare untuk dijadikan lokasi relokasi rumah penduduk terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

Kabag Humas dan Hukum Perhutani KPH Probolinggo dan Lumajang, Gatot Kuswinaryono mengutarakan pihaknya kini tengah mengukur luas tanah yang akan dibangun.

"Pemerintah daerah sudah mengirim surat ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kemarin," katanya, Selasa (14/12).

Dia menjelaskan ada dua titik relokasi yang akan dibangun oleh pemerintah. Pertama, di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Kedua, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Dia mengatakan luas lahan yang akan dibuka berkisar 70 hektare. Luas tersebut bisa kurang dan lebih tergantung pengukuran yang dilakukan pada Selasa (14/12) ini.

Setelah dilakukan pengukuran, hasilnya akan dikirim ke KLHK.

"Biasanya menunggu tujuh hari baru hasilnya keluar," ucapnya.

Sebelumnya, dalam bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12), ribuan penduduk yang rumahnya terdampak.

Pihak pemerintah akan merelokasi rumah warga terdampak bencana Gunung Semeru yang akan segera terealisasi
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News