UM Surabaya Kirim 6 Dokter Muda Tangani Trauma Korban Erupsi Gunung Semeru

Senin, 13 Desember 2021 – 07:04 WIB
UM Surabaya Kirim 6 Dokter Muda Tangani Trauma Korban Erupsi Gunung Semeru - JPNN.com Jatim
Dokter Muda UM Surabaya saat mendampingi anak-anak korban erupsi Gunung Semeru. Foto: Humas UM Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pascaerupsi Gunung Semeru di Lumajang, Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menerjunkan sebanyak enam sukarelawan dokter muda ke lokasi pengungsian.

Mereka ditugaskan memberikan trauma healing kepada para pengungsi mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Dosen pembimbing dokter muda Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Era Catur Prasetya mengatakan kegiatan itu sudah berlangsung sejak 9 Desember 2021.

"Kami bekerja sama dengan beberapa elemen dan saling bahu-membahu memberikan pendampingan," ujar Era tertulis, Minggu (12/12).

Dosen FK UM Surabaya itu mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Jiwa Indonesia (PDSKJI) dan RSUD dr Haryoto melakukan follow up kondisi korban yang mengalami gangguan kesehatan jiwa.

"Agenda pendampingan tersebut ada di Desa Sumbermujur, Desa Penanggal, Desa Tempeh Tengah, dan Ponpes Ulul Albab," kata dia.

Salah satu dokter muda, Wichda Shirosa Nerly menjelaskan timnya telah melakukan identifikasi kondisi lansia dan psikologis anak di posko pengungsian.

"Kami melihat ekspresi mereka sedang murung menyendiri, menangis, dan kondisi lain yang mencerminkan kecemasan. Kami pun mendekati dan mencoba mengajak mereka berbicara," ujar Nerly.

Selain mendampingi korban erupsi Gunung Semeru para dokter muda UM Surabaya juga menyalurkan bantuan logistik
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News