Presiden Jokowi Beber Wacana Relokasi Rumah Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 07 Desember 2021 – 16:45 WIB
Presiden Jokowi Beber Wacana Relokasi Rumah Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru - JPNN.com Jatim
Presiden Jokowi meninjau posko pengungsi di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Presiden Joko Widodo mengunjungi langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang guna memastikan penyaluran bantuan bagi para pengungsi, Selasa (7/12).

"Pagi ini, saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kami miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban dan evakuasi," kata Jokowi.

Dia menyoroti pula rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru pada 4 Desember lalu.

"Saya kira segala yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, hingga air bersih mulai membaik. Kami berharap setelah nanti reda, semuanya bisa dimulai, khususnya perbaikan infrastruktur," kata Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah terbuka atas kemungkinan relokasi penduduk dari permukimannya saat ini.

"Tadi, saya dapat laporan kurang lebih 2.000-an rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kami putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera dibangun," ujar Jokowi.

Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, Presiden Jokowi juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat erupsi Gunung Semeru.

Pada kunjungannya itu, dia sempat meninjau posko pengungsi di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang.

Dalam kunjungannya ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Presiden Jokowi menyinggung soal kemungkinan relokasi penduduk setempat.
Sumber Antara