Sejumlah Menara Telekomunikasi di Lumajang Terdampak Erupsi Semeru

Minggu, 05 Desember 2021 – 07:35 WIB
Sejumlah Menara Telekomunikasi di Lumajang Terdampak Erupsi Semeru - JPNN.com Jatim
Sebagian wilayah Kabupaten Malang terdampak abu vulkanik Gunung Semeru. Foto: BPBD Kabupaten Malang

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Sebanyak tiga menara transceiver station (BTS) milik perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

Corporate Communication XL Axiata East Region Ibnu Syahban mengatakan tiga BTS yang terdampak terletak di wilayah paling dekat dengan lokasi bencana, yaitu di Kecamatan Pronojiwo.

"Yang terdampak dekat dengan area bencana karena tidak mendapatkan pasokan listrik dan akses jalan yang terbatas," kata Ibnu saat dikonfirmasi, Sabtu (4/12).

Pihaknya sedang mengirimkan tim ke lapangan untuk mengupayakan BTS tersebut tepat beroperasi dan terjaga menggunakan genset.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan turut prihatin atas kejadian erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang," ujar dia.

Sementara itu, Manajer Corporate Communication Telkomsel Jawa Bali Erwien Kusumawan menyebut ada sebanyak sepuluh site yang terdampak di wilayah Semeru.

Meski begitu, Erwien memastikan komunikasi telepon, pesan singkat, dan layanan data masih lancar karena dikover site tambahan di sekitar lokasi.

"Telkomsel juga akan terus memantau kondisi korban Semeru untuk memastikan bantuan CSR yang akan kami berikan kepada masyarakat terdampak," ucap dia.

Beberapa menara telekomunikasi mengalami gangguan selama erupsi Semeru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News