Begini Tahapan Progam Bayi Tabung Bagi Pasutri, Heemmm

Sabtu, 27 November 2021 – 12:39 WIB
Begini Tahapan Progam Bayi Tabung Bagi Pasutri, Heemmm - JPNN.com Jatim
Didik saat menunjukan hasil program bayi tabung yang dilakukan di rumah sakit Kendangsari Surabaya (26/11). (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Program bayi tabung di zaman sekarang sudah lumrah terjadi. Biasanya dilakukan bagi pasangan yang kesulitan untuk mempunyai anak secara normal.

Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Prof. Dr. dr. Budi Santoso, SpOG (K) menjelaskan program bayi tabung adalah mempertemukan sel jantan dengan betina yang tidak bisa bertemu secara alami.

“Hal tersebut dialami karena faktor buntunya saluran telur atau jumlah sel jantannya tidak bisa mencukupi untuk bisa hamil secara normal karena jumlah kadarnya sedikit,” ujarnya, Jumat (26/11).

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk program bayi tabung.

Pertama, proses skrining yang dilakukan kepada istri dan suami untuk mengetahui apakah memiliki kelainan. Jika tidak terjadi hambatan, barulah ke tahap selanjutnya.

“Tahap kedua, stimulasi okulasi mulai hari ketiga sampai ke-11. Hari ke-12, dievaluasi apakah sel telurnya cukup matang atau tidak untuk dilakukan pengambilan,” ujar Prof Bus, sapaan akrab Prof. Dr. dr. Budi Santoso, SpOG (K).

Setelah dirasa cukup matang, barulah sel telur dan sel jantan ditemukan kemudian disimpan serta dipantau di laboratorium. Hasil dari penyatuan tersebut yang nantinya menjadi embrio.

“Dirasa sudah cukup matang, embrio akan ditransfer ke dalam rahim sang istri,” ujarnya.

Beberapa tahapan yang harus dilalui jika ingin menjalani program bayi tabung