Jika Terpilih, Gumelar Siapkan Program Batu Smart Infrastruktur untuk Atasi Banjir

Senin, 30 September 2024 – 16:09 WIB
Jika Terpilih, Gumelar Siapkan Program Batu Smart Infrastruktur untuk Atasi Banjir - JPNN.com Jatim
Cawali Batu Firhando Gumelar tawarkan program Batu Smart Infrastruktur untuk atasi permasalahan banjir. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, BATU - Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu nomor urut 2 Firhando Gumelar-Rudi menyiapkan program Batu Smart Infrastruktur untuk menghadapi masalah banjir di Kota Apel tersebut.

“Sejak awal kami telah memetakan sejumlah masalah di kota ini dan memasukkan sejumlah program yang linier dengan upaya mengatasi banjir ini, yakni Batu Smart Infrastruktur,” kata Gumelar, Senin (30/9).

Mas Gum sapaan akrab Firhando Gumelar itu menjelaskan salah satu kerja nyata dari pengimplementasian program tersebut adalah mengembalikan fungsi lahan resapan yang telah beralih fungsi.

Menurutnya, pengalihan fungsi lahan resapan ini, yang menyebabkan anomali cuaca yang signifikan. Fenomena ini sebagai turunan dampak dari perubahan iklim tersebut.

“Kami siapkan penanaman kembali sejumlah pohon yang memiliki efektivitas dalam meresap air seperti pule, elos, bulu dan tujuh jenis pohon lainnya di beberapa titik yang seharusnya menjadi area resapan,” jelasnya.

Selain itu, pengelolaan sampah juga menjadi hal yang penting untuk mengatasi masalah banjir.

Menurutnya, penyumbatan di sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) dan simpul-simpul pertemuan aliran sungai akibat penumpukan sampah yang menyebabkan air sungai meluap ke jalanan dan permukiman warga.

“Selain mengatasi banjir, pengolahan sampah yang baik juga akan dirasakan manfaatnya oleh warga. Karena sampah yang mereka kelola nantinya bisa memiliki nilai ekonomis. Kami akan memberikan pelatihan-pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan,” pungkasnya. (mcr23/jpnn)

Ini program yang telah disiapkan Mas Gum untuk atasi banjir jika terpilih jadi Wali Kota Batu

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News