Cawali Gumelar Klaim Punya Cara Jitu untuk Atasi Masalah Sampah di Kota Batu

Jumat, 27 September 2024 – 15:03 WIB
Cawali Gumelar Klaim Punya Cara Jitu untuk Atasi Masalah Sampah di Kota Batu    - JPNN.com Jatim
Cawali Batu Firhando Gumelar saat mendatangi TPA Tlekung Kota Batu. Foto: Source JPNN

jatim.jpnn.com, BATU - Calon Wali Kota Batu Firhando Gumelar menawarkan solusi untuk mengurangi permasalahan sampah yang menumpuk.

Gumelar menjelaskan untuk mengatasi permasalahan sampah harus diatasi dari dasarnya.

Menurutnya, sebelum sampah dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) harus diolah terlebih dahulu dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

“Dari hal yang sudah terpilah itu, masyarakat akan dilatih secara teknis dan serius, untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai, seperti pot bunga, tas belanja dan karya seni,” kata Gumelar, Kamis (26/9).

Nantinya, jika masyarakat berhasil mengelola sampah dengan baik, dia akan memberikan apresiasi, penghargaan, serta insentif bagi mereka sehingga masalah sampah bisa diselesaikan dengan bersama-sama.

Selain itu, Gumelar mengaku telah menemukan solusi untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung yang sudah kelebihan kapasitas.

“Caranya adalah pembakaran sampah dengan incenerator yang lebih besar, dan dengan output asap aman. Hal itu sudah dilakukan oleh beberapa negara lain seperti Amager Bakke di Kopenhagen Denmark atau Maishima Incinerator di Jepang,” ujarnya.

Energi dari pembakaran itu kemudian bisa menghasilkan energi melalui Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS).

Cawali Gumelar paparkan cara jitu untuk kurangi penumpukan sampah di TPA Tlekung, begini caranya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News