Golkar dan Gerindra Akhirnya Berkoalisi Untuk Pilkada 2024 di Jatim

Sabtu, 25 Mei 2024 – 13:08 WIB
Golkar dan Gerindra Akhirnya Berkoalisi Untuk Pilkada 2024 di Jatim - JPNN.com Jatim
Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji (kanan) dan Ketua DPD Gerindra setempat Anwar Sadad (kiri) seusai pertemuan internal, di Surabaya, Jumat (24/5). ANTARA/HO-DPD Golkar Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - DPD Golkar Jatim membuka komunikasi untuk membentuk koalisi bersama Gerindra Jatim dalam Pilkada 2024.

Ketua Golkar Jatim M Sarmuji mengatakan faktor penting terjadinya koalisi antarpartai politik adalah kesamaan soal ide dan pandangan pembangunan di wilayah setempat.

"Insyaallah banyak titik yang bisa dikerjasamakan dengan Partai Gerindra, kami saling menguatkan dan membesarkan masing-masing partai untuk Jawa Timur lebih baik," kata Sarmuji tertulis, Jumat (24/5).

Sarmuji menyebut berdasarkan hasil pemetaan internal, koalisi Golkar dan Gerindra berpotensi terbentuk di 19 wilayah kabupaten/kota di Jatim. Adapun di antaranya Kota Probolinggo, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Madiun, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Jombang.

"Peluang kerja sama bisa lebih dari separuh dari daerah yang menyelenggarakan Pilkada, baik kota maupun kabupaten. Peluang itu cukup besar," ujarnya.

Kemudian, kerja sama politik antara Golkar dan Gerindra merupakan upaya membawa Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo-Gibran dibawa ke tingkat daerah.

Sementara itu, Ketua Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad menyatakan kerja sama yang sudah terbentuk di tingkat pusat diupayakan juga terwujud di Pilkada Jawa Timur maupun kabupaten/kota.

"Kami ingin saling memperkuat dan meng-endorse, kami saling memiliki tradisi dan basis yang sama. Secara alami sudah terbentuk kesamaan pandangan," tutur Gus Sadad, sapaan akrabnya.

Golkar Jatim dan Gerindra Jatim membentuk koalisi untuk Pilkada 2024 untuk membuka peluang kerja sama di 19 wilayah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News