Politik Kentungan PDIP, Pakar: Pesan Tersembunyi Kewaspadaan Tuk Pemilu 2024

Minggu, 04 Februari 2024 – 15:33 WIB
Politik Kentungan PDIP, Pakar: Pesan Tersembunyi Kewaspadaan Tuk Pemilu 2024 - JPNN.com Jatim
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. saat memimpin kampanye akbar Ganjar-Mahfud di GBK Jakarta, Sabtu (3/2). Foto: Source for JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pakar Antropologi Universitas Airlangga (Unair) Toetik Koesbardiati menyebut sepuluh ribu kentungan yang dilakukan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai simbol kewaspadaan terhadap Pemilu 2024.

Megawati memimpin pemukulan kentungan di hadapan ratusan ribu massa yang hadir dalam kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Stadion GBK Jakarta, Sabtu (3/2).

Toetik menjelaskan kentungan yang terbuat dari bambu dilubangi adalah alat sederhana ketika dipukul sebagai simbol valid terhadap suatu kejadian di masyarakat. Kentungan disebut sebagai pengirim informasi berbasis kearifan lokal.

“Biasanya etnis Jawa dan Bali yang memiliki adat kentungan ini. Kalau dulu ada kode asap, atau burung untuk memberitakan sesuatu,” kata Toetik, Minggu (4/2).

Simbol bunyi dan tempo tidak pernah salah dalam mengirim pesan menggunakan kentungan. Setiap nada dan temponya memiliki makna berbeda. Misalnya, berita kematian akan berbeda dengan bunyi ancaman bahaya.

“Berbeda pula jika ada undangan untuk berkumpul seperti rapat atau kenduri. Apabila kentungan dengan kode tertentu dibunyikan, otomatis masyarakat akan keluar untuk berkumpul sesuai dengan kode bunyi dan tempo,” jelasnya.

“Apabila bunyi dan tempo enam kali, lalu jeda dan diulang enam kali (doro muluk) tanda ada kematian. Orang akan segera mencari tahu siapa yang meninggal,” imbuh dia.

Menurutnya, kentungan yang dibunyikan secara cepat dan tak berjeda sebagai simbol tanda bahaya, bisa berupa banjir, longsor, atau binatang buas.

Pakar Antropologi Unair Toetik Koesbardiati menyebut 10 ribu kentungan dari PDI Perjuangan bermakna kewaspadaan terhadap Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News