Momen Ganjar Ziarahi Makam Kiai Ageng Muhammad Besari di Ponorogo

Jumat, 19 Januari 2024 – 19:04 WIB
Momen Ganjar Ziarahi Makam Kiai Ageng Muhammad Besari di Ponorogo - JPNN.com Jatim
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (dua dari kanan) saat berziarah ke makam Kiai Ageng Muhammad Besari di Ponorogo. Foto: dok. Tim GP

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo berziarah ke makam Kiai Ageng Muhammad Besari di Desa Tegalsari, Kec. Jetis, Ponorogo, Jumat (19/1/2024).

Setibanya, Ganjar disambut Kunto Pramono yang merupakan generasi ke-8 Kiai Ageng Muhammad Besari. Rombongan lalu dipersilakan duduk lesehan bersama anggota keluarga almarhum ulama itu di joglo kediaman peninggalan Kiai Ageng.

“Kiai Ageng Besari yang merupakan tokoh agama yang sangat sakral, yang betul-betul bisa melahirkan tokoh-tokoh, pemimpin bangsa Indonesia,” kata Kunto Pramono.

Di tempat yang diperkirakan berusia 350 tahun itu, dilakukan syukuran dan doa bersama. Tampak uborampe mulai dari tumpeng dan buah-buahan tersaji.

Selain itu, Ganjar juga diajak melihat langsung kondisi rumah peninggalan Kiai Ageng Muhammad Besari.

Menurut Kunto, tidak semua orang bisa masuk dan melihat kondisi rumah itu sebab bangunan tersebut belum pernah dipugar dan penuh dengan sejarah.

“Tempat yang di belakang itu yang bangun Kiai Ageng Besari sekitar 350 tahunan ini memang suatu nilai-nilai yang bersejarah yang belum dibuka sama sekali,” tuturnya.

Setelah berkeliling di dalam rumah itu, Ganjar kemudian berjalan menuju makam Kiai Ageng Besari untuk berziarah. Dia lalu salat Jumat berjemaah di masjid peninggalan Kiai Ageng Besari.

Ganjar Pranowo menuturkan bahwa di Indonesia banyak tempat bersejarah yang dapat menjadi pelajaran sekaligus teladan.

“Ternyata sejarahnya panjang. Ya mudah-mudahan kita selalu bisa belajar dari masa lalu, dari sejarah agar kita bijaksana,” ucapnya. (faz/jpnn)

 
Setelah dari makam Batoro Katong, Ganjar Pranowo turut menziarahi makam Kiai Ageng Muhammad Besari, tokoh yang mencetak tokoh-tokoh besar di Indonesia.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News