Ganjar Berziarah ke Makam Batoro Katong Pendiri Ponorogo

Jumat, 19 Januari 2024 – 15:18 WIB
Ganjar Berziarah ke Makam Batoro Katong Pendiri Ponorogo - JPNN.com Jatim
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (berkaus putih panjang di tengah) menziarahi makam Batoro Katong, pendiri Kabupaten Ponorogo. Foto: dok. Tim GP

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo tidak lupa berziarah ke makam Batoro Katong, Ponorogo, di tengah safari politik di Jawa Timur, Jumat (19/1).

Batoro Katong adalah pendiri Kabupaten Ponorogo yang sekaligus putra dari Brawijaya V. Dia dimakamkan di Desa Setono, Jenangan, Ponorogo.

Tiba di lokasi, Ganjar disambut Mbah Nardi selaku juru kunci makam dan tokoh masyarakat setempat.

Sesampainya di makam, Ganjar bertahlil dan berdoa bersama dengan dipimpin Mbah Nardi. Selanjutnya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menabur bunga di atas makam Batoro Katong.

Batoro Katong sangat identik dengan Ponorogo. Masyarakat juga mengenalnya sebagai Joko Pitutur atau Joko Piturun atau Haryo Harak Kali adalah pendiri Kabupaten Ponorogo dan juga merupakan adipati pertama di Ponorogo.

Batoro Katong merupakan utusan Kesultanan Demak untuk menyebarkan Islam di Ponorogo.

“Alhamdulillah, Pak Ganjar Pranowo bisa hadir,” kata Mbah Nardi.

Dia mengapresiasi Ganjar yang berkenan berziarah ke makam Batoro Katong. Mbah Nardi pun mendoakan agar Ganjar Pranowo menjadi presiden 2024.

“Semoga lebih baik. Semoga Pak Ganjar menjadi RI satu (presiden),” ucapnya. (faz/jpnn)

Pada Jumat ini, capres Ganjar Pranowo bersafari di Jawa Timur. Dia pun menyempatkan untuk menziarahi makam pendiri Ponorogo, Batoro Katong.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News