Debat Capres Dinilai Masih Kurang Bermutu, Pengamat Sentil Panelis

Jumat, 05 Januari 2024 – 17:46 WIB
Debat Capres Dinilai Masih Kurang Bermutu, Pengamat Sentil Panelis - JPNN.com Jatim
Pengamat dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember Dr. Ikwan Setiawan. ANTARA/Zumrotun Solichah

jatim.jpnn.com, JEMBER - Pengamat Universitas Jember (Unej) Dr. Ikwan Setiawan mengharapkan debat capres dan cawapres Pemilu 2024 bisa lebih berkualitas dalam memaparkan program kerja, bukan hanya retorika belaka dan gimik.

"Sesekali menyerang dengan pertanyaan kritis kepada capres/cawapres lain tidak apa-apa asalkan dalam konteks program kerja, bukan sentimen negatif atau lainnya untuk menjatuhkan personal," katanya, Jumat (5/1).

Dia menilai saling beradu argumen dan menjawab pertanyaan capres/cawapres terkait program kerja sesuai dengan visi dan misinya diharapkan dapat memengaruhi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya pada 14 Februari 2024.

"Namun, sejauh ini debat capres-cawapres masih jauh dari harapan publik dan kurang memberikan edukasi politik yang baik tentang isu-isu yang ditentukan oleh KPU," tuturnya.

Menurutnya, debat tersebut seharusnya menjadi ajang untuk menguji gagasan capres/cawapres seberapa komprehensif dan kuatnya dalam menyusun program kerja dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Debat itu menguji capres/cawapres dalam memberikan solusi untuk mengatasi persoalan bangsa," ujarnya.

Namun, lanjut dia, debat tidak bagus apabila capres/cawapres saling serang dengan menjatuhkan seseorang di depan publik karena hal tersebut bukan menjadi pendidikan politik yang baik bagi masyarakat.

"Sejak awal, saya menilai debat capres/cawapres yang disajikan KPU RI kurang ideal karena tidak ada perdebatan antara panelis dengan capres/cawapres. Panelis hanya membuat pertanyaan dan mengambil isu tema dalam debat," ucap pakar budaya itu.

Pengamat Unej Dr. Ikhwan Setiawan mengharapkan debat capres-cawapres nanti dapat memengaruhi swing voter.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News