Lima Daerah di Jatim Ini Masuk Kategori Rawan Saat Pemilu 2024

Sabtu, 30 Desember 2023 – 16:10 WIB
Lima Daerah di Jatim Ini Masuk Kategori Rawan Saat Pemilu 2024 - JPNN.com Jatim
Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto. Foto: Humas Polda Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto mengungkapkan lima daerah di Jawa Timur yang masuk dalam kategori rawan saat Pemilu 2024.

"Masuk kategori rawan itu ada lima wilayah. Semua terpetakan di Madura dari mulai Bangkalan sampai Sumenep, kemudian Pasuruan," kata Imam, Sabtu (30/12).

Imam menjelaskan alasan sejumlah daerah tersebut masuk kategori rawan karena sejarah penyelenggaraan pemilu di tahun 2019.

"Kalau tidak salah itu ter-inventarisasi ada 12 kejadian, termasuk salah satunya di Sampang, pembakaran Polsek Tambelang masuk catatan khusus," ucapnya.

Jenderal bintang dua polisi itu berharap kejadian-kejadian menonjol khususnya di Madura pada pemilu mendatang bisa ditekan.

"Tentunya itu kami akan mencoba memetakan kerawanan itu dan mengirimkan pasukan yang cukup," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan Jawa Timur menjadi salah satu daerah rawan saat pelaksanaan Pemilu 2024.

"Awalnya Jatim termasuk yang sangat rawan, namun saat ini sudah berubah menjadi rawan, dan juga wilayah Papua menjadi salah satu yang sangat rawan dan kita lihat perkembangannya," kata Listyo saat Deklarasi Pemilu Damai di Mapolda Jatim, Kamis (28/12).

Sigit menjelaskan secara khusus indeks kerawanan yang dibuat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tersebut terus berubah sesuai dengan perkembangan dinamika yang ada.

"Yang paling penting kita tidak boleh meremehkan. Oleh karena itu untuk menghadapi situasi seperti itu pentingnya selalu mengimbau masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan," tuturnya. (antara/mcr12/jpnn)

Polda Jatim membeberkan lima daerah rawan berpotensi terjadi kericuhan saat Pemilu 2024.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News