Persaingan Caleg Artis-Influencer di Dapil Jatim 1, Ada Tom Liwafa Hingga Ahmad Dhani

Kamis, 07 Desember 2023 – 22:35 WIB
Persaingan Caleg Artis-Influencer di Dapil Jatim 1, Ada Tom Liwafa Hingga Ahmad Dhani - JPNN.com Jatim
Deretan Caleg Dapil Jatim 1 mulai dari Tom Liwafa Ahmad Dhani dan Arzeti Bilbina. Foto: Source for JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Artis hingga influencer yang terjun ke dunia politik menjadi calon legislatif atau Caleg DPR RI sebanyak 82 orang. Salah satu dapil yang banyak diisi dari Jawa Timur 1, Surabaya Sidoarjo.

Di Dapil tersebut terdapat sejumlah artis dan influencer yang akan bertarung untuk lolos ke Senayan. Antara lain Arzeti Bilbina dari PKB, Lucy Kurniasari dari Demokrat, Ahmad Dhani dari Gerindra, Tom Liwafa dari PAN, Andre Hehanusa dari PDIP, dan Krisna Mukti dari NasDem.

Dapil Jatim 1 akan memperebutkan sepuluh kursi untuk lolos ke DPR RI. Persaingan ketat antarcaleg tak hanya terjadi dari kalangan artis, tetapi dari incumbent yang sudah punya basis massa, yakni Arzeti dan Lucy.

Peneliti Senior dari Surabaya Survey Center (SSC) Mochtar W Oetomo mengatakan Dapil Jatim 1 tak hanya menjadi neraka bagi caleg berpengalaman, mapan, maupun incumbent, tetapi juga bagi artis atau influencer.

Berdasarkan survey SSC, para caleg artis itu popularitasnya melampaui caleg kenamaan yang sudah mapan di Dapil Jatim 1 Surabaya Sidoarjo.

Namun, dari sisi elektabilitas, hanya Arzeti, Lucy, dan Dhani yang mampu bersaing dengan para caleg mapan atau incumbent lainnya di Dapil Jatim 1.

"Arzeti dan Lucy merupakan caleg incumbent yang memiliki basis massa. Arzeti kuat di Sidoarjo, sedangkan Lucy kuat di Surabaya. Dhani juga kuat di Surabaya, tetapi belum tampak aktif turun menyapa pemilihnya," ujar Mochtar tertulis, Kamis (7/12).

Elektabilitas tertinggi diraih Arzeti sebesar tujuh persen, disusul Lucy lima persen, Ahmad Dhani tiga persen. Nama Tom Liwafa dan Andre Hahenusa diposisi keempat dan kelima. Krisna Mukti di posisi terakhir.

Berikut deretan caleg artis hingga influencer mulai dari Ahmad Dhani hingga Tom Liwafa siap bertarung di Dapil Jatim 1.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News