Tomsi Tohir Muncul dalam Usulan Pj Gubernur Jatim, Gus Fawait Beber Alasannya

Jumat, 01 Desember 2023 – 16:39 WIB
Tomsi Tohir Muncul dalam Usulan Pj Gubernur Jatim, Gus Fawait Beber Alasannya - JPNN.com Jatim
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait. Foto: Dok. Pribadi Gus Fawait.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perwira tinggi Polri Tomsi Tohir Balaw menjadi perbincangan di fraksi-fraksi DPRD Jatim setelah namanya masuk dalam bursa Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Khofifah Indar Parawansa.

Komjen Tomsi Tohir saat ini mengemban jabatan sebagai Irjen Kemendagri sejak dilantik secara resmi pada 2022.

Sebelum menjadi Irjen Kemendagri, dia mengemban sejumlah jabatan lain di Polri. Kemudian dia diberi amanat baru menjabat di Kemendagri.

Rupanya yang mengusulkan nama Tomsi Tohir di menit terakhir menjadi pesaing kuat Sekdaprov Jatim Adhy Karyono dan LAN RI Adi Suryanto adalah Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait

Sebelum H-1 pengumuman tiga nama calon Pj Gubernur, Fraksi Gerindra mengusulkan mantan Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto. Usulan itu berubah pada detik-detik sebelum rapat paripurna pada Kamis (30/11).

Gus Fawait mengaku tidak mudah merekomendasikan nama-nama calon Pj Gubernur pengganti Khofifah Indar Parawansa karena dia adalah tokoh nasional yang berhasil memimpin Jatim.

"Tidak mudah memang bagi Fraksi Gerindra karena kita tahu sosok Gubernur Khofifah dan wakilnya Emil Dardak adalah sosok nasional," ujar Gus Fawait, Jumat (1/12).

Alasannya mengusulkan nama Tomsi Tohir Balaw karena dinilai sebagai jenderal terbaik di Polri. Selama kariernya, dia sudah beberapa kali mengemban jabatan strategis yang diawali sebagai Kasat Resmob Polda Metro Jaya pada tahun 2004.

Gus Fawait beber alasan mengusulkan nama Tomsi Tohir sebagai calon Pj Gubernur Jatim menggantikan Khofifah Indar Parawansa di akhir masa jabatannya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News