Cak Fauzi Tunjukkan Hasil Diplomasi Wisatanya di Sumenep, Beri Efek Domino

Rabu, 12 Juli 2023 – 10:47 WIB
Cak Fauzi Tunjukkan Hasil Diplomasi Wisatanya di Sumenep, Beri Efek Domino - JPNN.com Jatim
Bupati Sumenep Achmad Fauzi membeberkan hasil diplomasinya. Foto: dok. Dian untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Badai pandemi Covid-19 baru saja berlalu. Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mulai berupaya menggerakkan roda perekonomian di daerahnya yang sempat lesu.

Salah satunya dengan gencar mempromosikan wisata-wisata unggulan di Kabupaten Sumenep dan membangun infrastruktur pendukung yang diperlukan. Walhasil, sektor UMKM pun turut terdongkrak.

“Alhamdulillah, sektor-sektor itu kembali menggeliat. Kunjungan wisatawan terus bertambah. Sektor UMKM kembali bergerak dan berkembang,” tutur Cak Fauzi, sapaannya.

Terbukti kunjungan wisatawan ke kabupaten terus terus meningkat meski diterjang badai pandemi.

Cak Fauzi memerinci pada 2020 saat awal pandemi, jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Sumenep mencapai 168.775 orang.

Kendati begitu, kunjungan wisatawan tak lantas surut, bahkan meningkat menjadi 248.158 orang pada 2021. Tak hanya itu, kunjungan wisatawan meningkat 300 persen pada 2022 menjadi 1.057.434.

“Meningkatnya kunjungan wisatawan, membuat UMKM makin tumbuh dan berkembang. Ini berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” ujar Cak Fauzi.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, nilai investasi otomatis meninggi.
Jika pada 2020, nilai investasi di Sumenep baru menyentuh angka Rp810 miliar, nilainya menjadi Rp1,78 triliun pada 2022.

Sejumlah permasalahan tergerus dengan diplomasi wisata ala Cak Fauzi selama menjabat menjadi Bupati Sumenep. Lihat!
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News