Kades di Jombang Berangkat Aksi ke Senayan, Minta Perpanjangan Masa Jabatan

Selasa, 17 Januari 2023 – 15:41 WIB
Kades di Jombang Berangkat Aksi ke Senayan, Minta Perpanjangan Masa Jabatan  - JPNN.com Jatim
Kepala desa se-Jombang ke Jakarta untuk ikut aksi damai meminta perpanjangan masa jabatan dari enam tahun menjadi sembilan tahun. ANTARA/ HO-Paguyuban Kepala Desa Bersatu Kabupaten Jombang

jatim.jpnn.com, JOMBANG - Paguyuban Kepala Desa Bersatu Kabupaten Jombang berangkat ke Jakarta mengikuti aksi damai di Gedung Senayan Jakarta meminta perpanjangan masa jabatan dari enam tahun menjadi sembilan tahun.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Bersatu Jombang Warsubi mengatakan ada ratusan kades yang berangkat mengikuti aksi hari ini, Selasa (17/1).

"Sebanyak 251 kepala desa menggelar aksi damai di Jakarta dalam rangka memohon kepada pemerintah, DPR, bahwa kami ingin masa jabatan menjadi sembilan tahun," kata Warsubi, Senin (16/1).

Selama ini, kata dia, masa jabatan kepala desa adalah enam tahun. Masa jabatan itu dinilai kurang optimal dalam membangun desa karena dibutuhkan waktu yang panjang agar lebih optimal.

Masa jabatan kepala desa enam tahun terhitung sejak tanggal pelantikan diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Kepala desa menjabat paling banyak tiga kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Pihaknya bersama kepala desa yang lain meminta pasal itu diubah agar masa jabatan menjadi sembilan tahun dan menjabat paling banyak dua kali.

"Kepala desa kan jabatannya dari bawah, membangun desa itu 2-3 tahun masih kurang. Untuk mempersatukan masyarakat itu bisa setelah tiga tahun berikutnya. Kalau sembilan tahun bisa membangun desa," kata dia.

Para kepala desa sebelum berangkat berkumpul di Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Mereka bertemu dengan Bupati Mundjidah Wahab terlebih dahulu.

Ratusan kades di Jombang berangkat ke Gedung Senayan meminta perpanjangan masa jabatan menjadi sembilan tahun.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News