KPU RI Sebut Pemilu 2024 Kembali ke Sistem Proporsional, NasDem Jatim: Bikin Gaduh

Sabtu, 31 Desember 2022 – 13:55 WIB
KPU RI Sebut Pemilu 2024 Kembali ke Sistem Proporsional, NasDem Jatim: Bikin Gaduh - JPNN.com Jatim
Ketua DPW NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi menilai pernyataan Ketua KPU Hasyim Asy'ari soal kemungkinan Pemilu 2024 kembali ke sistem proporsional. Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan ada kemungkinan Pemilu 2024 kembali ke sistem proporsional tertutup dalam sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

Pernyataan tersebut mendapat sorotan dari Ketua DPW Partai NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi. Dia meminta KPU tak membuat gaduh dan mengkhianati rakyat untuk berdemokrasi.

"KPU jangan menciptakan masalah dan kegaduhan baru dalam kehidupan nasional dan membuat kemunduran demokrasi," ujar Sri tertulis, Jumat (30/12).

Kakak Jess meminta KPU fokus melaksanakan tugas, yaitu menyelenggarakan pemilu sesuai undang-undang yang berlaku dan melaksanakan tahapan pemilu dengan jujur, adil, terbuka, dan berintegritas.

"KPU jangan menafikan partisipasi politik rakyat dalam pemilu yang sedang tumbuh dan bergairah," tuturnya.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya juga ikut mengkritik statement Hasyim Asy'ari yang menyebut kemungkinan sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024.

Dia menilai pernyataan tersebut tidak etis dan melangkahi wewenang serta kapasitasnya.

"Demokrasi sepatutnya bukan memundurkan yang telah maju, tetapi memperbaiki dan menata ulang hal yang kurang saja," kata Willy.

NasDem Jatim menyoroti pernyataan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari soal kemungkinan Pemilu 2024 kembali ke sistem proporsional.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News