Golkar Berpeluang Menjadi Partai Nomor 3 di Jatim, Jika Begini

Selasa, 20 September 2022 – 17:05 WIB
Golkar Berpeluang Menjadi Partai Nomor 3 di Jatim, Jika Begini - JPNN.com Jatim
Direktur

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei merilis hasil survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur. PKB masih berada di peringkat pertama, unggul tipis dengan PDIP.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan tren partai menengah di Jatim mulai mendekati jajaran tiga besar. Salah satunya yakni Golkar yang saat ini berada pada peringkat keempat dengan elektabilitas 10,2 persen.

"Golkar ini mengejutkan, trennya terus naik. Sejak 2020, yang awalnya hanya sekitar tujuh persen, kini sudah menembus dua digit," kata Baihaki tertulis, Selasa (20/9).

Baihaki membeberkan alasan Golkar Jatim punya peluang untuk naik posisi tiga besar, yaitu karena peran M Sarmuji membesarkan partai selama periode kepemimpinannya.

"Kalau tiga besar berpeluang, apalagi masih ada margin of error 2,8 persen, tetapi catatannya harus benar-benar kerja keras di daerah tapal kuda. Memang kami lihat dua tahun ini Golkar sangat aktif berkegiatan hingga ke level milenial," ujarnya.

Hal itu lah yang menjadi nilai plus bagi Golkar. Apabila solid di pengurus yang mau bekerja keras turun ke bawah maka bisa tercapai.

Selain itu, Golkar juga punya peluang mendapatkan efek elektoral apabila Airlangga mendeklarasikan diri maju sebagai calon presiden. Mak dari itu, harus berani mengeluarkan figur untuk dijual di Pilgub Jatim 2024.

"Tentu ada efek ketika kader Golkar menyatakan siap maju capres. Itu akan mengekor nantinya. Yang paling penting Golkar ya harus berani mengeluarkan figur untuk Pilgub Jatim, agar suara partai terdongkrak lebih optimal," tuturnya.

Hasil survei ARCI menyebut jika Golkar Jatim berpeluang berada pada posisi nomor tiga. Peran kader dan pengurus menjadi sangat penting.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News