Gaduh Demokrat Jatim, Kader Bilang AHY Tidak Bisa Mengelola Partai

Selasa, 12 April 2022 – 19:57 WIB
Gaduh Demokrat Jatim, Kader Bilang AHY Tidak Bisa Mengelola Partai - JPNN.com Jatim
Calon Ketua Demokrat Jatim Bayu Airlangga dan Emil Elistianto Dardak berjabat tangan dalam Musda PD, Kamis (20/1). Foto: Dok. Demokrat Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kegaduhan masih terjadi seusai terpilihnya Emil Elestianto Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim. Protes kali ini datang dari DPC PD Kabupaten Mojokerto.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Mojokerto Ayub Busono menilai peraturan organisasi (PO) Musda bermasalah sehingga pelantikan Emil tidak sah.

“Hakekatnya sudah selesai karena amanat AD/ART, tetapi apakah bisa pelantikan dilakukan, jawabannya jelas belum. DPP harus menyelesaikan dulu payung hukumnya,” kata Ayub tertulis, Senin (11/4).

Menurutnya, kalau ada pelantikan lagi maka tidak sah karena melangkahi ketentuan. Apabila Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masih nekat melantik Emil Dardak, sama saja melanggar aturan partai.

“Musnah sudah tidak sesuai AD/ART, DPP harus menyelesaikan, khususnya di Jatim. Dilihat itu PO agar dicermati apakah benar bisa pelantikan,” ujarnya.

Dia menegaskan payung hukum dalam organisasi kepartaian adalah AD/ART. Ketum dan jajaran petinggi DPP Demokrat diminta mematuhi aturan tersebut.

“Pelantikan tidak sah karena payung hukum ditabrak oleh DPP. Kalau sampai ditandatangani itu sebuah kecerobohan AHY. Kalau nekat dilantik, bisa jadi ini pengurus ilegal, tidak sejalan dengan PO dan AD/ART," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Malang Joshua Sebayang menambahkan banyak permasalahan dalam Musda Demokrat Jatim. Menurut dia, AHY ceroboh dalam mengelola partai.

Kader Partai Demokrat masih saja tak setuju dengan terpilihnya Emil sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim. AHY juga dinilai tak sanggup mengelola partai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News