Optimalisasi Tenaga untuk PON, Atlet Jawa Timur Jalani Terapi Oksigen

Kamis, 19 Agustus 2021 – 18:47 WIB
Optimalisasi Tenaga untuk PON, Atlet Jawa Timur Jalani Terapi Oksigen - JPNN.com Jatim
Atlet selam Jatim saat menjalani terapi hiperbarik di RSAL dr Ramelan, Surabaya, Rabu 18 Agustus 2021. Foto: Genpi/Ngopibareng/ Ist

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Atlet yang akan mewakili Jawa Timur ke PON XX Papua menjalani terapi oksigen dengan metode hiperbarik.

Proses terapi tersebut dilakukan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Kabagkestral RSAL dr Ramelan, Dr. Tutik Harnanik menjelaskan terapi oksigen hiperbarik merupakan terapi untuk memperkaya kadar oksigen.

"Normalnya kadar oksigen dalam tubuh 21 persen, kita ganti jadi 100 persen atau mendekati itulah," jelas Tutik

Menurut Tutik, terapi oksigen hiperbarik ini akan membantu proses difusi oksigen lancar dan optimal, sehingga sel-sel tubuh yang tadinya kurang menerima oksigen akan memperoleh oksigen yang cukup.

Hal yang serupa diugkapakan Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung yang menyatakan terapi tersebut penting untuk performa atlet ketika berlaga di PON.

"Hiperbarik membuat fisik atlet makin optimal sehingga pertarungan di sana tinggal psikologis saja,” ujar Erlangga (mcr17/jpnn)

Atlet yang akan mewakili Jawa Timur ke PON XX Papua menjalani terapi oksigen dengan metode hiperbarik.

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News