Atlet Disabilitas Asal Surabaya Dapat Beasiswa di Unesa Seusai Gondol Medali Emas

Kamis, 04 Agustus 2022 – 16:14 WIB
Atlet Disabilitas Asal Surabaya Dapat Beasiswa di Unesa Seusai Gondol Medali Emas - JPNN.com Jatim
Atlet asal Kota Surabaya Firza Faturahman berhasil meraih medali emas di Asean Para Games. Foto: Humas Unesa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Atlet Jawa Timur cabang olahraga atletik kelas 46 asal Keputih, Kota Surabaya, Firza Faturahman Listianto, berhasil meraih medali emas dalam ajang Asean Para Games, Senin (1/8).

Humas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Dwi Cahyo Kartiko, mengatakan penambahan medali itu memperkuat posisi kontingen Indonesia di puncak klasemen.

Menurutnya, Firza merupakan atlet yang tidak diunggulkan untuk meraih medali karena tidak termasuk atlet elit. Namun, Firza tiba-tiba muncul di garis terdepan dan menjadi juara.

"Firza, atlet kelahiran Keputih, 21 Mei 2004 ini tengah duduk di bangku kelas XII SMA," ujar Dwi Cahyo, Rabu (3/8).

Sebelumnya, dia juga sudah berkali-kali meraih medali di berbagai kompetisi olahraga, yaitu pada Pekan Paralympic Pelajar Nasional 2019 dengan perolehan tiga medali emas.

Kemudian menyabet perunggu cabor atletik nomor lari 200 meter pada Pekan Paralimpik Nasional 2021 lalu mendapat medali perak di Dubai.

"Total ada 17 atlet Jawa timur yang turun memperkuat kontingen Indonesia. Mereka turun di cabang olahraga atletik, bulu tangkis, judo, panahan, renang, sepak bola CP, voli, dan tenis meja," katanya.

Atas keberhasilan Firza, Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan memberikan beasiswa kuliah S1 sampai selesai di UNESA, sebagai kampus yang ramah disabilitas dan komitmen dalam memajukan olahraga Indonesia.

UNESA berikan beasiswa kepada Firza Faturahman usai dapat medali emas di Asean Para Games

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News