Empat Paket Speaker Tiba di Lapas Surabaya, Dibongkar, Ternyata Isinya Sabu-sabu

Senin, 18 Oktober 2021 – 02:06 WIB
Empat Paket Speaker Tiba di Lapas Surabaya, Dibongkar, Ternyata Isinya Sabu-sabu - JPNN.com Jatim
Upaya penyelendupan narkotika ke Lapas Porong Sidoarjo, melalui speaker aktif.(Antara Jatim/HO Kanwilmumham Jatim)

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Petugas Lapas Surabaya berhasil mengamankan narkotika berbagai jenis yang diselundupkan ke dalam paket speaker. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menjelaskan paket speaker yang dikirim melalui jasa ekspedisi tersebut dicurigai karena nama penerima paket tidak dikenal.

"Paket itu ditujukan untuk nama yang tidak dikenal dan ketika ditelusuri, tidak ada nama pegawai maupun narapidana dengan nama pengiriman paket itu," jelas Krismono di Sidoarjo, Minggu (17/10)
 
Dari kurir ekspedisi paket tersebut diterima oleh seorang narapidana pendamping berinisial DD.

DD membawa barang itu ke dalam, namun dalam perjalanan dia ditegur oleh Kasi Keamanan dan Ketertiban Nurcahyo Wicaksono.

Setelah ditegur dan ditanyai oleh Nurcahyo, DD mengaku paket tersebut untuk warga binaan berinisial RZ yang ditempatkan pada Blok C.

Menurut Krismono, paket speaker itu sebenarnya sekilas tidak ada yang aneh. Karena barangnya masih baru dan lengkap dengan kardus yang masih bagus.

"Namun, setelah paket dikeluarkan dari dos, petugas mencurigai bagian subwofer yang lebih berat dari biasanya," lanjut Krismono.

Ternyata, setelah subwofer dibongkar didapati kertas putih yang dibungkus lakban. Isi dari kertas tersebut setelah diperiksa, adalah satu paket panjang dengan 15 centimeter pipih diduga merupakan psikotropika jenis happy five.

Lalu paket lainnya yang paling besar berisi pil koplo, dan dua paket lainnya masing-masing sekitar 10 centimeter persegi dan 5 centimeter persegi berisi serbuk putih diduga sabu-sabu.

Oleh pihak Lapas, keempat paket tersebut langsung diserahkan kepada pihak kepolisian, tepatnya ke Polsek Porong. (antara/mcr17/jpnn)

Petugas Lapas Surabaya berhasil mengamankan narkotika berbagai jenis yang diselundupkan ke dalam paket speaker.
Sumber Antara