2 Perwira Polisi Terpidana Tragedi Kanjuruhan Dijebloskan Rutan Medaeng

Rabu, 08 Mei 2024 – 19:27 WIB
2 Perwira Polisi Terpidana Tragedi Kanjuruhan Dijebloskan Rutan Medaeng - JPNN.com Jatim
Terpidana Wahyu Setyo Pranoto dan Bambang Sidik Ahmadi melengkapi berkas saat proses eksekusi di Kantor Kejati Jatim, Surabaya, Selasa (7/5). ANTARA/HO-Penkum Kejati Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dua terpidana perwira polisi dalam perkara Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 suporter sepak bola saat Arema FC melawan Persebaya pad 1 Oktober 2022 dieksekusi oleh aparat Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim).

Mereka ialah terpidana Wahyu Setyo Pranoto yang saat kejadian menjabat sebagai Kabag Ops berpangkat Kompol dan Bambang Sidik Ahmadi sebagai Kasat Samapta berpangkat AKP di Polres Malang.

"Kedua terpidana hari ini kami masukkan ke Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng, Waru, Sidoarjo," kata Kajati Jatim Mia Amiati tertulis, Selasa (7/5).

Eksekusi terhadap kedua terpidana perwira polisi menengah itu dilakukan karena telah berkekuatan hukum tetap (inkrah) atas putusan Mahkamah Agung (MA) tertanggal 23 Agustus 2023.

Mia menjelaskan putusan MA membatalkan putusan Pengadilan Negeri Surabaya yang pada 16 Maret 2022 membebaskan kedua terpidana perwira polisi tersebut dalam perkara Tragedi Kanjuruhan.

"MA intinya mengabulkan permohonan kasasi dari Tim Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang dan menyatakan kedua terpidana ini secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana karena kealpaannya menyebabkan orang lain meninggal dunia," ujarnya.

Selain itu, MA menyebut kedua terpidana juga menyebabkan orang lain luka berat sedemikian rupa sehingga berhalangan melakukan pekerjaan untuk sementara.

Terhadap terpidana Wahyu Setyo Pranoto, MA menjatuhkan vonis pidana penjara selama dua tahun dan enam bulan, sedangkan terpidana Bambang Sidik Ahmadi divonis pidana penjara selama dua tahun.

Kejati Jatim menjebloskan dua perwira polisi selaku terpidana dalam perkara Tragedi Kanjuruhan ke Rutan Medaeng.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia