Karantina Jatim Temukan 4 Koper Berisi Ratusan Reptil Langka di Surabaya

Rabu, 10 Januari 2024 – 17:19 WIB
Karantina Jatim Temukan 4 Koper Berisi Ratusan Reptil Langka di Surabaya - JPNN.com Jatim
Petugas karantina menunjukkan sejumlah reptil yang diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. ANTARA/HO Karantina Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penyelundupan empat koper berisi ratusan reptil di dalam kapal KM Nggapulu digagalkan oleh Pejabat Karantina Jatim Satuan Pelayanan Tanjung Perak Surabaya.

Pejabat Karantina Jatim Satpel Tanjung Perak Tri Endah mengatakan dari lima jenis reptil yang disita, terdapat dua jenis reptil yang dilindungi, yaitu ular sanca hijau dan kura-kura moncong babi.

“Semua reptil itu tanpa dilengkapi dokumen karantina," ujar Tri, Selasa (9/1).

Dia memerinci satwa itu terdiri dari delapan ekor kadal papua alias bengkarung lidah biru, 111 ekor kura-kura moncong babi, 50 ekor ular sanca hijau, dua ekor ular sanca air, dan tujuh ekor biawak.

"Ratusan reptil tersebut diamankan pejabat karantina saat sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Senin (1/1)," katanya.

Dia menjelaskan sebagian reptil ditemukan dalam kondisi tak bernyawa karena cara pengangkutannya tidak memperhatikan prinsip animal welfare.

Sebagian reptil tersebut dimasukkan ke dalam botol air mineral yang diberi lubang angin dan sebagian lainnya dibiarkan berserakan di dalam koper.

Terpisah, Kepala Karantina Jatim Muhlis Natsir menyayangkan adanya penyelundupan hewan atau satwa.

Karantina Jatim menggagalkan penyelundupan empat koper berisi ratusan reptil langka di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News