Viral Video Kerusuhan di Pasar Jember, Polisi Ungkap Kebenarannya

Jumat, 09 Juli 2021 – 11:18 WIB
Viral Video Kerusuhan di Pasar Jember, Polisi Ungkap Kebenarannya - JPNN.com Jatim
Penyidik Polres Jember menginterogasi pelaku penyebar video hoaks AD di Mapolres Jember, Rabu (7/7/2021). (ANTARA/ HO - Humas Polres Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Polres Jember, Jawa Timur menangkap pelaku penyebaran video hoaks yang menggambarkan seolah terjadi kerusuhan di Pasar Tanjung.

Adalah warga Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang berinisial AD (24) yang ditangkap tidak lebih dari 24 jam setelah diadukan masyarakat.

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin memastikan tidak akan berkompromi terhadap penyebar hoaks yang meresahkan masyarakat, apalagi video itu disebarkan di tengah situasi pandemi COVID-19 dan penerapan PPKM darurat.

"Seharusnya semua pihak menjaga dan memelihara situasi agar tetap kondusif, bukan malah membuat resah," kata AKBP Arif, Kamis (8/7).

Menurut dia, video tersebut juga berpotensi mengadu domba warga dengan aparat.

Dia mengimbau masyarakat tak mudah terprovokasi setiap menerima informasi dari media sosial dan mengecek kebenarannya lebih dahulu, sehingga tidak mudah menyebarkan sesuatu yang belum jelas.

"Video hoaks itu mulanya diunggah DN di grup Facebook 'Info Warga Jember (IWJ)'," tutur Kasat Reskrim Polres Jember AKP Komang Yogi Arya Wiguna.

Tim Siber Polres Jember yang melakukan penyelisikan mendapati cuplikan kerusuhan pasar tersebut sebenarnya terjadi di Aceh. Polisi kini masih menyelidiki motif pelaku

Polres Jember, Jawa Timur menangkap pelaku penyebaran video hoaks yang menggambarkan seolah terjadi kerusuhan di Pasar Tanjung.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News