Kabur dari BLK, Begini Keadaan Calon Pekerja Migran yang Jatuh dari Lantai 4

Selasa, 15 Juni 2021 – 08:24 WIB
Kabur dari BLK, Begini Keadaan Calon Pekerja Migran yang Jatuh dari Lantai 4 - JPNN.com Jatim
BP2MI Malang berkomitmen memberikan perlindungan, advokasi, hingga perawatan terhadap lima calon pekerja migran yang kabur dari BLK-LN CKS. Foto: ANTARA/Vicki Febrianto

jatim.jpnn.com, MALANG - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) siap memberikan perlindungan dan advokasi terhadap lima calon pekerja migran yang sebelumnya kabur dari Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN) Central Karya Semesta (CKS), Kota Malang, Jawa Timur.

"Kami dengan tegas mendukung kepolisian untuk melakukan proses hukum," kata Koordinator Unit Pelayanan Teknis (UPT) BP2MI Malang Muhammad Kholid Habibi, Senin (14/6).

Lima calon pekerja migran wanita sebelumnya berusaha kabur dari mes. Mereka nekat menuruni lantai empat gedung menggunakan tali yang dibuat dari potongan selimut.

Tiga di antaranya terjatuh, sedangkan dua lainnya selamat dan berhasil kabur.

BP2MI akan menanggung seluruh biaya perawatan secara menyeluruh ketiga calon pekerja migran tersebut sekaligus pemulangan ke daerah asal.

Mereka kini dirawat di rumah sakit karena menderita luka patah tulang. Kondisi para calon pekerja migran asal NTB itu mulai membaik.

Ketiga calon pekerja migran itu rencananya akan dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Malang untuk memudahkan proses penanganan kasus hukum yang melibatkan BKN-LN CKS.

Polresta Malang Kota telah menaikkan status proses hukum terkait para calon pekerja migran tersebut menjadi penyidikan.

BP2MI berkomitmen memberikan perlindungan dan advokasi terhadap para calon pekerja migran yang sebelumnya kabur dari BLK-LN CKS.
Sumber Antara