Pangdam V Brawijaya Tegas, Prajurit yang Terlibat Kekerasan Tragedi Kanjuruhan Siap-Siap Saja

Kamis, 06 Oktober 2022 – 10:52 WIB
Pangdam V Brawijaya Tegas, Prajurit yang Terlibat Kekerasan Tragedi Kanjuruhan Siap-Siap Saja - JPNN.com Jatim
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di sela upacara peringatan HUT TNI ke-77 di Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Rabu (4/10/2022). ANTARA/HO-Pendam V/Brawijaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto mengakui adanya oknum prajuritnya yang melakukan kekerasan kepada suporter saat tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10).

Para oknum prajurit tersebut sedang menjalani proses hukum yang berlaku. Jika mereka terbukti bersalah pasti akan dihukum.

"Saat ini lima orang prajurit sedang diperiksa di Pomdam Malang. Sedang dalam proses dan kita lihat perkembangannya," ujar Mayjen Nurchahyanto.

Nurchahyanto pun meminta maaf atas tindakan oknum TNI yang membuat sejumlah Aremania tersakiti.

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas apa yang terjadi di Kanjuruhan, di mana ada oknum prajurit kami yang bertindak di luar semestinya sehingga menyebabkan beberapa suporter Aremania mungkin tersakiti," katanya.

Meski begitu, Pangdam mengapresiasi prajurit yang turut membantu Aremania selama proses evakuasi atau pertolongan saat tragedi Kanjuruhan.

"Di sisi lain memang ada prajurit yang melakukan pelanggaran, tetapi di sisi lain para media juga melihat sendiri banyak prajurit kami yang bahu-membahu dengan Aremania dan kepolisian memberikan pertolongan pertama saat kerusuhan," ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan para prajurit saling membantu adalah hal yang sangat luar biasa.

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto bakal memberikan hukuman jika prajurit yang melakukan kekerasan saat tragedi Kanjuruhan terbukti bersalah.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News