Marcha Ajak Anak Disabilitas Kenali Seni Lewat Program Dear Earth

Selasa, 15 Oktober 2024 – 15:33 WIB
Marcha Ajak Anak Disabilitas Kenali Seni Lewat Program Dear Earth - JPNN.com Jatim
Pegiat sosial dan seni di Surabaya bernama Marcha Sharapova Rusli bersama dua anak disabilitas sedang mengenakan baju batik eco print. Foto: Ardini Pramitha/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pegiat sosial dan seni di Surabaya bernama Marcha Sharapova Rusli mengajak anak-anak berkebutuhan khusus atau disabilitas mengenal seni melalui program dear earth dengan membuat batik ecoprint.

Sebelum menjalankan proyek tersebut, mereka diberikan edukasi terkait lingkungan bahwasanya apa yang mereka lakukan nantinya akan memiliki dampak di kemudian hari.

Setelah mereka memahami, barulah diajarkan bagaimana membuat batik ecoprint yang ramah lingkungan.

“Proyek ini penggabungan seni dan pelestarian lingkungan. Sambil memberikan manfaat bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus,” kata Marcha di Surabaya, Senin (14/10).

Dia menjelaskan Dear Earth adalah wadah untuk menggabungkan tanggung jawab lingkungan dan bakat seni berpadu yang membuktikan kreativitas menghasilkan perubahan nyata.

Melalui ekspresi kreatif, anak-anak tidak hanya belajar tentang masalah lingkungan, tetapi menemukan kekuatan mereka untuk berkontribusi secara positif bagi dunia.

“Ecoprint batik lebih mudah dipahami dan dipraktikkan oleh anak-anak, memungkinkan mereka untuk terlibat dalam aktivitas yang bermanfaat bagi lingkungan meskipun memiliki keterbatasan,” jelasnya.

Marcha menjelaskan inspirasi Dear Earth ini pertama kali muncul saat dirinya mengajarkan seni berkelanjutan kepada anak-anak dengan menggunakan bahan limbah seperti tutup botol plastik, kantong plastik, dan mainan bekas.

Cara Marcha kenalkan seni dan lingkungan kepada anak disabilitas dengan program Dear Earth.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News