Mensos Risma & Unesa Rancang Modul Pengasuhan Anak Disabilitas

Jumat, 19 Mei 2023 – 17:09 WIB
Mensos Risma & Unesa Rancang Modul Pengasuhan Anak Disabilitas - JPNN.com Jatim
Mensos Tri Rismaharini (kanan) saat berkunjung ke Kampus Unesa Lidah Wetan membahas tentang pembuatan modul pengasuhan anak disabilitas, Jumat (19/5). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) merancang modul pengasuhan anak disabilitas

Modul tersebut nantinya bisa digunakan sebagai pedoman orang tua untuk mengasuh anak berkebutuhan khusus (ABK) atau disabilitas.

Mensos Tri Rismaharini mengatakan selama dua tahun dirinya menjabat permasalahan anak disabilitas merupakan adalah hal yang berat untuk diselesaikan. Maka dari itu, pembuatan modul tersebut dirasa penting.

“Paling berat menangani warga disabilitas karena pengetahuan terbatas dan anak-anak disabilitas juga terbatas dalam pendidikan. Karena itu, kami membuat modul parenting ini,” ujar Risma, Jumat (19/5).

Menurut dia, anak-anak disabilitas bukanlah aib yang harus ditutupi. Mereka punya kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. 

Risma kemudian memilih Unesa untuk diajak bekerja sama dalam membuat modul tersebut karena memiliki direktorat khusus untuk anak disabilitas.

“Ilmu saya kurang, menghadap Pak Rektor Unesa untuk membantu kami menangani warga disabilitas yang tidak hanya dari anak-anak saja,” tuturnya.

Kerja sama pembuatan modul tersebut dilangsungkan dengan MoU ke depannya. Saat ini pihaknya sedang membentuk tim untuk mengenal kondisi macam-macam anak disabilitas.

Hilangkan stigma buruk anak disabilitas, Mensos Risma menggandeng Unesa merancang modul pengasuhan anak berkebutuhan khusus (ABK).
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News