Hiu Paus Tutul 5 Ton Ditemukan Terdampar di Pesisir Selatan Jember, Kondisi Mati

Senin, 23 September 2024 – 11:36 WIB
Hiu Paus Tutul 5 Ton Ditemukan Terdampar di Pesisir Selatan Jember, Kondisi Mati - JPNN.com Jatim
Sejumlah warga melihat seekor Hiu Tutul (Rhincodon typus) di perairan Desa Mojosari, Puger, Jember, Jawa Timur, Minggu (22/9/2024). Hiu Paus berukuran panjang tujuh meter ditemukan terdampar dan mati di pantai itu, dan bangkainya akan dikuburkan oleh pihak terkait. Antara Jatim/Seno/um

jatim.jpnn.com, JEMBER - Ikan hiu paus tutul (Rhincodon typus) berukuran tujuh meter dengan berat lima ton ditemukan terdampar di pesisir pantai selatan Kabupaten Jember.

Kaur Bin Opsnal (KBO) Satpolair Jember Aipda Agus Riyanto mengatakan hewan mamalia tersebut ditemukan dalam kondisi mati.

"Hiu tutul itu ditemukan warga yang sedang memancing pada Sabtu 21 September malam dalam kondisi sekarat di Pantai Getem, Desa Mojosari, Kecamatan Puger," ujar Agus, Minggu (22/9).

Seusai menemukan hiu terdampar itu, warga yang merupakan nelayan tersebut melapor kepada petugas terkait adanya hiu paus tutul terdampar dibantu sukarelawan.

"Kami dibantu sukarelawan Brandal Alas dan sukarelawan Barat Daya berusaha mengembalikan hiu paus yang sekarat itu ke perairan. Namun, ombak cukup besar dan hiu kembali menepi tidak bisa terselamatkan sehingga mati," jelasnya.

Pihaknya berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jember serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) terkait dengan terdamparnya hiu tutul tersebut.

"Kemungkinan hiu paus itu akan dikubur di sekitar pantai karena kondisinya sudah mati, dan kami akan mengamankan bangkai hiu itu sambil menunggu koordinasi dengan pihak BKSDA dan DKP," katanya.

Ikan hiu tutul tersebut termasuk salah satu satwa yang dilindungi berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 18 Tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus, sehingga harus dijaga kelestariannya.

Hiu paus tutul yang ditemukan warga di pesisir selatan Jember sempat dikembalikan ke laut, tetapi kembali lagi karena ombak besar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News