Pertagas Bersama Kader Keswa Tanggulangin Ciptakan Lingkungan Ramah Bagi ODGJ

Jumat, 20 September 2024 – 22:35 WIB
Pertagas Bersama Kader Keswa Tanggulangin Ciptakan Lingkungan Ramah Bagi ODGJ - JPNN.com Jatim
Pertagas bersama Kader Keswa Tanggulangin menciptakan lingkungan ramah bagi ODGJ untuk menghapus stigma buruk. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - PT Pertamina Gas (Pertagas) menggelar pelatihan pendamping orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) untuk Kader Kesehatan Jiwa (Keswa) di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo selama dua hari pada Rabu dan Kamis 18-19 September 2024.

Pelatihan itu melibatkan 56 peserta dari Kader Kesehatan Jiwa di beberapa desa setempat dan berkolaborasi dengan psikolog serta mahasiswa magister dari Unesa.

Head of External Relation Operation East Region Pertagas Yedo Kurniawan mengatakan pelatihan itu bertujuan memperkuat fungsi sosial, dukungan ekonomi, dan peningkatan inklusivitas lingkungan bagi pasien ODGJ serta keluarganya.

"Kader Keswa dilatih memahami penyebab, jenis, dan dampak gangguan kesehatan jiwa sehingga mereka dapat memberikan pertolongan pertama yang tepat dan berperan aktif meningkatkan kesehatan mental di masyarakat," ujar Yedo tertulis, Jumat (20/9).

Dia menjelaskan melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, penyuluhan, dan program pemberdayaan, Simfoni Kidung Tanggulangin berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup ODGJ.

"Peran kader kesehatan jiwa sangat penting dalam mendampingi ODGJ. Mereka bukan hanya berfungsi sebagai pendamping, tetapi jembatan untuk mengembalikan fungsi sosial pasien," katanya.

Narasumber utama pelatihan Ni Made Karinadevi Permata Jati, M.Psi menyampaikan pelatihan itu menjadi langkah penting dalam menghapus stigma negatif yang sering melekat pada ODGJ.

Kader Keswa berperan untuk melibatkan pasien dalam berbagai aktivitas sosial, menciptakan rasa inklusi, dan menyediakan dukungan emosional yang diperlukan dalam proses pemulihan kesehatan jiwa.

Pertagas bersama Kader Keswa Tanggulangin menciptakan lingkungan ramah bagi ODGJ untuk menghapus stigma buruk.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News