Proyek Reklamasi di Kenjeran Ditolak Masyarakat, Nelayan Dijanjikan Bisa Melaut 24 Jam

Rabu, 04 September 2024 – 21:00 WIB
Proyek Reklamasi di Kenjeran Ditolak Masyarakat, Nelayan Dijanjikan Bisa Melaut 24 Jam - JPNN.com Jatim
Juru Bicara PT Granting Jaya Agung Pramono menyebut, reklamasi untuk kepentingan masyarakat dari aspek bisnis akan tetap mengakomodir dampak negatif warga sekitar. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sosialisasi dan konsultasi publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) terkait proyek reklamasi Proyek Strategi Nasional Surabaya Waterfront Land (PSN SWL) yang digarap PT Granting mendapat penolakan dari warga Kecamatan Sukolilo dan Bulak, Selasa (3/9).

Sosialisasi terkait AMDAL itu sangat perlu diketahui oleh masyarakat agar tidak menimbulkan spekulasi yang negatif. Penolakan itu dilakukan dengan cara warga melakukan demonstrasi.

Peserta aksi yang juga Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Jawa Timur Ali Yusa mengatakan konsultasi publik dan sosialisasi AMDAL tak memiliki berita acara yang jelas. Ketika tak memiliki berita acara maka konsultasi AMDAL dapat dinyatakan gagal.

"Menyatakan menolak dan tidak ada berita acara, ketika tidak ada berita acara maka ini gagal. Ketika gagal maka AMDAL tidak akan pernah ada. Konsultasi di tingkat provinsi juga tidak pernah ada," ujar Ali.

Penolakan tersebut juga tak sesuai dasar hukum, baik peraturan menteri (Permen) maupun peraturan daerah (Perda) di tingkat provinsi dan kota. Dasar hukumnya hanya mengacu pada peraturan presiden terkait dengan PSN.

"Saya pikir, presiden Jokowi harus segera mencabut perpres tentang pembangunan empat pulau reklamasi di Surabaya," katanya.

Menurutnya, pembangunan reklamasi empat pulau di Surabaya menjatuhkan empat nilai utama, yaitu ecological system, social manage system, dan total economic value.

"Total economic value ini luar biasa. Saya ambil satu nilai, nilai rekreasi. Nilai rekreasi di Surabaya mencapai angka sekitar Rp2-3 triliun. Ini akan terambil pelaksanaan kegiatan ini," jelasnya.

Penggagas PSN Waterfront Land jelaskan keuntungan yang didapat nelayan akibat reklamasi dari proyek tersebut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia