Untag Surabaya Bentuk Karakter Mahasiswa Baru Berwawasan Kebangsaan

Minggu, 25 Agustus 2024 – 12:05 WIB
Untag Surabaya Bentuk Karakter Mahasiswa Baru Berwawasan Kebangsaan - JPNN.com Jatim
Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya J Subekti, S.H., M.M saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada mahasiswa baru dalam PKKMB 2024. Foto: Humas Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PKKMB Untag Surabaya 2024 mengangkat tema ‘Teknologi untuk Budi Pekerti’ yang mencerminkan komitmen universitas untuk menggabungkan teknologi dengan pendidikan karakter.

Dalam kegiatan yang digelar pada Sabtu (24/8), calon mahasiswa baru tidak hanya mendapatkan wawasan teknologi, tetapi dibekali nilai-nilai Pancasila dan semangat nasionalisme.

Materi wawasan kebangsaan yang disampaikan Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya J Subekti, S.H., M.M menjadi salah satu sorotan utama.

Dalam paparannya, Subekti menekankan pentingnya wawasan kebangsaan sebagai fondasi pembentukan karakter mahasiswa di Untag Surabaya.

“Memasuki Untag Surabaya bukan sekadar keputusan pribadi, tetapi perjalanan sakral yang dipilih Tuhan untuk menjadikan kalian pemikir dan pejuang,” jelas Subekti.

Wawasan kebangsaan yang diajarkan mencakup pandangan holistik tentang Indonesia, yang harus dihayati dan dilaksanakan oleh mahasiswa. Subekti menyebut sebelum memberikan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan di Untag Surabaya terlebih dahulu membentuk akhlak mulia.

Dia juga mengingatkan pentingnya memahami sejarah perjuangan bangsa, mengingat kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui usaha keras, bukan pemberian.

Lebih lanjut, Subekti memaparkan sejarah berdirinya Untag Surabaya yang didirikan atas perintah Presiden Soekarno pada tahun 1957.

Untag Surabaya memberikan materi wawasan kebangsaan sebagai bentuk integrasi teknologi dan nasionalisme.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News