Siswa SMAN 2 Surabaya Harumkan Nama Indonesia Lewat Ajang Internasional di Korea

Minggu, 11 Agustus 2024 – 19:03 WIB
Siswa SMAN 2 Surabaya Harumkan Nama Indonesia Lewat Ajang Internasional di Korea - JPNN.com Jatim
Lima siswa SMAN 2 Surabaya yang membawa pulang medali emas dalam Korea International Youth Olympiad 4i 2024 pada 4-6 Agustus di AT Center Seoul, Korea Selatan. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Lima siswa SMAN 2 Surabaya mengharumkan nama Indonesia dan Jawa Timur dalam ajang internasional melalui Korea International Youth Olympiad 4i 2024 pada 4-6 Agustus di AT Center Seoul, Korea Selatan.

Medali emas itu diraih oleh Fazil Sabilarrasyad, Muhammad Rezqy Agung, ?Hernawan Santosa, Muhammad Thufail Addausy, dan Razzaqi Noor Radhitya.

Kelima siswa itu membawa karya inovasi berupa RoboVital, rancangan robot hasil pengembangan dari karya inovasi Elderly Monitoring System with Artificial Intelligence (EMS-AI) yang sebelumnya pernah dibuat.

Karya itu adalah sistem monitoring untuk mengawasi orang tua yang hidup mandiri tanpa keluarga pendamping. Pada pengembangan terbaru, Ketua Tim Muhammad Rezqy Agung menyebut telah menambahkan beberapa fitur seperti deteksi jantung dan pernapasan tanpa alat pelekat di tubuh lansia.

"Alat ini akan memudahkan keluarga atau anak untuk memantau kesehatan lansia. Ada notifikasi yang nantinya diterima anggota keluarga, jika terjadi peningkatan pernapasan atau hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Razqy.

Berkat inovasi yang dilakukan timnya, akhirnya berhasil mendapatkan nilai tertinggi dan sukses meraih medali emas. RoboVital juga meraih special award dari Hong Kong Special Award (Mr.LAU SAI CHONG/ Hong Kong Yan Chai STEAM Faire Executive Committee), dan Special Award Korea International Youth Olympiad 4i 2024 ( President Seong Keun Kim/Pohang University of Science and Technology).

Capaian itu mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai. Dia menilai inovasi yang dihasilkan para siswa itu patut dibanggakan.

Sebab, persaingan ketat antarpeserta dengan ratusan project dari berbagai negara, seperti Malaysia, Hong
Kong, China, Korea, Thailand, Vietnam, Brazil, USA tidak bisa diremehkan.

Rancangan inovasi RoboVital mengantarkan lima siswa SMAN 2 Surabaya meraih medali emas dalam Youth Olympiad 4i 2024 di Korea Selatan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News