Harumkan Nama Indonesia, Paduan Suara Arek Surabaya Raih Medali Emas di Jepang

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 13:31 WIB
Harumkan Nama Indonesia, Paduan Suara Arek Surabaya Raih Medali Emas di Jepang - JPNN.com Jatim
Paduan Suara Arek Suroboyo (PSAS) meraih medali emas dalam ajang the 39th Takarazuka International Chamber Chorus Contest (TICCC) di Jepang. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Paduan Suara Arek Suroboyo (PSAS) mengukir prestasi dalam ajang the 39th Takarazuka International Chamber Chorus Contest (TICCC) di Jepang dengan membawa pulang medali emas.

Dalam kompetisi internasional yang berlangsung pada 20-21 Juli 2023 itu, tim paduan suara asal Surabaya tersebut memenangkan kategori Children's & Youth Choir dengan nilai 90,4.

"TICCC ini termasuk kompetisi paduan suara tertua yang ada di dunia. Di ajang ini kami ikut kategori children and youth dan berhasil mendapat juara satu," ujar Anggota PSAS Trivena Alenza di Surabaya, Jumat (9/8) malam.

Dia menjelaskan perjalanan timnya bisa memenangkan kompetisi itu. Awalnya PSAS berencana mengikuti kompetisi di Singapura. Namun, saat itu hanya ada 15 peserta yang berminat.

Kemudian muncul tawaran untuk mengikuti kompetisi TICCC di Jepang tersebut.

"Rencana awalnya ke Singapura dulu, baru ke Jepang. Tim mempersiapkan diri selama enam bulan untuk mengikuti kompetisi ini. Anggota yang awalnya 15 anak menjadi 22," kata dia.

Persiapan itu mencakup penyesuaian teknik bernyanyi dengan lagu-lagu yang berasal dari tahun 1900-an dan memastikan agar napas tidak terputus selama penampilan.

Menurutnya, hal tersebut menjadi tantangan bagi timnya dan pelecut semangat hingga berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

PSAS meraih medali emas dalam ajang the 39th Takarazuka International Chamber Chorus Contest (TICCC) di Jepang
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News