Penanjakan Gunung Bromo Kebakaran, BPBD Jatim Berjibaku Lakukan Pemadaman

Kamis, 08 Agustus 2024 – 10:32 WIB
Penanjakan Gunung Bromo Kebakaran, BPBD Jatim Berjibaku Lakukan Pemadaman - JPNN.com Jatim
Petugas BPBD Jatim melakukan pemadaman api di Penanjakan Gunung Bromo. (ANTARA/HO-BPBD Jatim)

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Tim BPBD Jatim berjibaku memadamkan api di Penanjakan Gunung Bromo, tepatnya di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan agar tidak merembet ke wilayah lainnya.

Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan BPBD Jatim Dadang Iqwandy mengatakan kebakaran itu terjadi pada Rabu (7/8) sore hingga malam.

Pemadaman tersebut dilakukan ketika tim BPBD dalam perjalanan menuju penanjakan Gunung Bromo setelah memfasilitasi pembentukan Destana di Desa Kayukebek, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

"Melihat adanya kepulan asap dan kobaran api yang makin membesar, Tim BPBD Jatim menghentikan laju kendaraan, lalu menghubungi Tim Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), aparat desa setempat dan TRC BPBD Kabupaten Pasuruan," kata dalam keterangan tertulis, Kamis (8/8).

Sembari menunggu tim lain datang, kata dia, dengan alat seadanya Tim BPBD Jatim langsung berjibaku berusaha memadamkan api yang mulai melahap ilalang, pohon edelweis dan pohon pinus.

Akhirnya, berkat respons cepat Tim gabungan BPBD Jatim, TNBTS, TRC BPBD Kabupaten Pasuruan, TNI Polri dan warga setempat, kebakaran hutan yang belum diketahui penyebabnya ini bisa dipadamkan.

"Habis kegiatan, sebetulnya kita mau jalan-jalan. Tapi, kita lihat ada kebakaran di arah penanjakan dan belum ada tindakan. Akhirnya, kontak sana sini, termasuk ke TNBTS, pihak desa dan BPBD Pasuruan," ujarnya.

Dia bersyukur, kebakaran hutan dan lahan di kawasan penanjakan ini bisa dipadamkan, dan dilanjutkan dengan pembasahan.

"Beruntung kebakaran ini bisa ditangani dengan cepat sehingga tidak melebar dan merembet ke wilayah lainnya," tuturnya. (antara/mcr12/jpnn)

Kebakaran penanjakan Gunung Bromo berlangsung sejak Rabu sore hingga malam hari,

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News