Hutan Jati seluas 7 Hektare di Ponorogo Hangus Terbakar

Selasa, 06 Agustus 2024 – 17:08 WIB
Hutan Jati seluas 7 Hektare di Ponorogo Hangus Terbakar - JPNN.com Jatim
Petugas saat berupaya membatasi pergerakan api agar kebakaran hutan tidak terus meluas di lereng Gunung Gombak Desa Muneng Kecamatan Balong Ponorogo Jawa Timur, Senin (5/8) malam. ANTARA/HO-BPBD Ponorogo.

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Kawasan hutan lereng Gunung Gombak, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo mengalami kebakaran hebat pada Senin (5/8). Insiden itu menyebabkan vegetasi tanaman jati seluas tujuh hektare hangus terbakar

Petugas BPBD Ponorogo Ali Marsono mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) itu sempat memicu kepanikan warga lantaran api terus merembet mendekati permukaan warga di Desa Tatung dan Muneng, Kecamatan Balong serta Desa Sukosari, Kecamatan Kauman.

"Upaya pemadaman sulit karena lahan yang terbakar cukup luas sementara petugas kita sedikit," kata Ali.

Menurutnya, angin yang cukup kencang membuat api sulit dikendalikan. Akhirnya, tim BPBD fokus terhadap laju api agar tidak merembet ke permukiman warga meskipun api belum sepenuhnya padam.

"Saat ini sudah memadamkan sebagian, tetapi sebagian lagi belum dipadamkan karena terbatasnya petugas dan kalah dengan angin. Kami sudah buat pembatas di tiap titik supaya api tidak makin meluas ke permukiman warga," tuturnya.

Keterangan dari sejumlah warga, api pertama kali muncul menjelang petang, di mana lokasinya berada di sekitar puncak Gunung Gombak.

Titik api yang awalnya terpantau kecil tersebut dengan cepat membesar dan menyebar ke seluruh bagian Gunung Gombak.

Akhirnya wilayah yang terbakar mencapai sekitar tujuh hektare, bahkan api merembet hingga ke lereng gunung dan nyaris mendekati permukiman warga sekitar.

"Merembet dan meluasnya cepat, karena kondisi angin yang kencang. Luas lahan yang terbakar hampir sampai ke permukiman warga," kata Darto, warga Desa Muneng Kecamatan Balong.

Kebakaran hutan dan lahan melanda lereng Gunung Gombak seluas tujuh hektare membakar vegetasi tanaman jati.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News