Pakar: Pilkada Serentak Momentum Menentukan Pembangunan & Kesejahteraan Rakyat

Kamis, 25 Juli 2024 – 21:25 WIB
Pakar: Pilkada Serentak Momentum Menentukan Pembangunan & Kesejahteraan Rakyat - JPNN.com Jatim
Pakar komunikasi politik Romo Benny Susetyo. Foto: Dok. JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Pakar Komunikasi Politik Benny Susetyo mengatakan Pilkada serentak menjadi momentum penting menentukan arah pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

Pesta demokrasi itu bertujuan memastikan suara rakyat didengar dan dihargai. Dalam perjalanannya, demokrasi di Indonesia masih penuh tantangan.

Salah satu persoalan terbesar adalah memastikan demokrasi tidak dicemari kepalsuan. Pemimpin yang terpilih harus benar-benar punya jiwa kerakyatan, mampu menyejahterakan rakyatnya.

"Jadi, bukan sekadar mengisi posisi kekuasaan saja, memperjuangkan kepentingan rakyat, turun ke lapangan mendengarkan keluhan rakyat dan memperbaiki kondisi kehidupan mereka," ujar Benny tertulis, Kamis (25/7).

Menurutnya, pemimpin harus dapat mengintegrasikan kebijakan global yang relevan dengan konteks lokal untuk menciptakan solusi efektif dan berkelanjutan. Salah satu aspek penting dari demokrasi berdaulat adalah memperjuangkan kesehatan rakyat dan keadilan sosial.

"Bung Karno, dalam ajarannya, menegaskan bahwa demokrasi tidak akan berjalan dengan baik, jika kondisi sosial ekonomi masyarakat rendah. Pemikiran ini tetap relevan hingga kini. Kesejahteraan rakyat adalah fondasi dari demokrasi yang kuat dan stabil," tuturnya.

Indonesia, sebagai negara dengan jumlah penduduk besar, juga menghadapi tantangan besar dalam mengatasi kemiskinan dan ketimpangan ekonomi.

Masih banyak masyarakat, kata dia, yang hidup dalam kemiskinan, bekerja keras untuk orang lain, dan tidak memiliki akses yang memadai terhadap pendidikan, kesehatan, dan peluang ekonomi.

Pakar Komunikasi Politik Benny Susetyo menyebut pesta demokrasi bertujuan memastikan suara rakyat didengar dan dihargai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News