PKB & PDIP Cari Kesamaan, Coba Peluang Bersama Menang di Pilkada Jatim?

Senin, 22 Juli 2024 – 11:06 WIB
PKB & PDIP Cari Kesamaan, Coba Peluang Bersama Menang di Pilkada Jatim? - JPNN.com Jatim
Ketua DPP PKB Luluk Nur Hamidah saat memberikan keterangan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/7). (ANTARA/Rio Feisal)

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PKB Luluk Nur Hamidah menyatakan partainya sedang mencari kesamaan dengan PDI Perjuangan untuk Pilkada Jatim.

"PKB-PDIP ini kan dua kekuatan besar yang masing-masing punya basis elektoral yang sangat berbeda, tetapi memiliki irisan yang sangat dekat,” kata Luluk di Jakarta, Minggu (21/7).

Menurutnya, jika PKB dan PDIP membentuka koalisi akan tercipta peluang menang yang besar di Pilkada Jatim. Sebab, dinamika politik di wilayah tersebut sudah berbeda ketika mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memutuskan maju pada 2018.

Dia menyinggung terkait masyarakat Jatim berhak untuk mendapatkan pemimpin dari figur yang bersih dan tidak punya beban masa lalu.

"Ini adalah kesempatan rakyat Jatim untuk membuka telinga, mata, dan itu bisa dilihat ketika survei elektabilitas petahana. Itu kan, tidak atau kurang dari 50 persen sebenarnya. Ini cukup mengkhawatirkan," ujarnya.

Dia mengatakan seharusnya, jika petahana kuat semestinya mendapatkan angka di atas 50 persen. Namun, ternyata masih di bawah itu.

"Itu artinya apa? Rakyat Jawa Timur masih menunggu kalau ada opsi lain, ada alternatif, figur-figur lain. Nah, ini kami sedang matangkan," tuturnya.

Dia menyebut partainya terbuka untuk mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini atau mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim Marzuki Mustamar.

PKB bersama PDI Perjuangan sedang mencari kesamaan untuk memenangkan Pilkada Jatim.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News