Melebihi Kuota, Pendaftar Jalur Mandiri Unair Capai 8.234 Peserta

Kamis, 25 Juli 2024 – 09:34 WIB
Melebihi Kuota, Pendaftar Jalur Mandiri Unair Capai 8.234 Peserta - JPNN.com Jatim
Ilustrasi Kampus Universitas Airlangga Surabaya. (ANTARA/HO-Humas Unair)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pendaftar jalur Mandiri di Unair mencapai 8.234 peserta. Adapun 2.900 di antaranya adalah pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan jumlah tersebut terbilang banyak, apalagi kuota jalur Mandiri hanya 4.000 mahasiswa baru.

Kemungkinan, kata dia, akan banyak pendaftar yang tidak akan tertampung di jalur tersebut.

"Selain KIP Kuliah, pemegang Program Keluarga Harapan (PKH) dan yatim piatu bisa mendapat kesempatan untuk kuliah di Unair dengan pembebasan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) asal nilainya bagus. Jadi, tinggal membayar UKT saja," kata Nasih, Rabu (24/7).

Bagi calon mahasiswa baru (maba) yang telah diterima di Unair dan kurang mampu, pihaknya masih membuka peluang pengurusan KIP Kuliah untuk mendapatkan keringanan biaya kuliah.

"Kuota KIP-K kami masih tersisa sekitar 300 lebih. Jadi merata kuotanya di antara jalur SNBT, SNBP dan mandiri," jelasnya.

Unair menyediakan empat jalur seleksi Mandiri yakni, Mandiri Prestasi, Mandiri UTBK Plus, Mandiri Ujian Tulis, dan Mandiri Kemitraan Ujian Tulis. Peserta boleh mendaftar lebih dari satu jalur seleksi Mandiri.

"Untuk jalur Mandiri Prestasi dan UTBK plus sudah berlangsung. Ketiga (Mandiri Ujian Tulis), yaitu dengan tes menggunakan soal yang disiapkan Unair akan diselenggarakan akhir pekan ini mulai 25 hingga 27 Juli 2024," ujar Nasih. (antara/mcr12/jpnn)

Unair menyediakan kuota 4.000 mahasiswa baru untuk jalur mandiri, kemungkinan banyak pendaftar tidak akan tertampung di jalur itu.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News