Pemkot Surabaya tambah 37 Titik Parkir Resmi di Kawasan Barat untuk Tambah PAD

Kamis, 18 Juli 2024 – 20:32 WIB
Pemkot Surabaya tambah 37 Titik Parkir Resmi di Kawasan Barat untuk Tambah PAD - JPNN.com Jatim
Pemerintah Kota Surabaya menambah 37 titik parkir resmi baru di Kota Pahlawan sehingga totalnya berjumlah 1425 titik dari 1388 titik. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya menambah 37 titik parkir resmi baru di Kota Pahlawan. Totalnya kini menjadi 1.425 titik dari sebelumnya 1.388 titik.

Kepala UPTD Parkir Tepi Jalan Umum (PJU) Dishub Kota Surabaya Jeane Mariane Taroreh menjelaskan penambahan jumlah titik parkir itu dilakukan untuk menambah jumlah pendapatan asli daerah (PAD).

“Di bulan lalu 1388 titik, sekarang 1425 titik parkir resmi. Jadi, dalam dua minggu terakhir, kami terus menggenjot dan melakukan pendataan di wilayah Surabaya Barat yang masih beberapa persen saja terjangkau,” kata Jeane, Kamis (18/7).

Jeane menjelaskan untuk menentukan titik lokasi parkir resmi di Surabaya Barat itu, pihaknya telah melakukan beberapa pola.

Salah satunya, memastikan lokasi parkir agar tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan. Sebab, jika mengganggu aktivitas pengguna jalan, maka Dishub Surabaya tidak bisa menerbitkan izin parkir tepi jalan umum. 

“Kalau menimbulkan kemacetan. Jadi, kami akan berkonsentrasi di wilayah barat karena kawasan tersebut minim tempat wisata,” ujar dia.

Jeane mengatakan guna mencegah kebocoran PAD, Dishub Surabaya akan menindak tegas juru parkir (jukir) liar yang menarik tarif parkir tidak sesuai dengan karcis yang berlaku, yakni memberikan sanksi tipiring (tindak pidana ringan) bagi jukir liar.

“Jukir resmi juga kami tertibkan apabila memungut tarif yang tidak semestinya. Kami lakukan pembinaan terlebih dahulu, jika masih melakukan akan kami berikan sanksi tipiring,” tuturnya.

Tambah pemasukan PAD, Pemkot Surabaya perbanyak lokasi parkir resmi menjadi 1.425 titik
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News